oleh

Pelaksanaan Vaksinasi Booster Massal Untuk Masyarakat Umum di Kalurahan Tamantirto

-TNI Polri-82 Dilihat

Pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Bersama Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan pelaksanaan kegiatan ‘Vaksinasi Booster Massal Untuk Masyarakat Umum’ bertempat di Balai Kalurahan Tamantirto, yang mana dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d 11.00 WIB. Kegiatan itu disupport penuh juga oleh Puskesmas 01 Kasihan, Koramil Kasihan, Kodim 0729 Bantul, Polsek Kasihan, Pemerintah Kapanewon Kasihan dan tentunya Pemerintah Kalurahan Tamantirto sendiri.

Adapun jenis vaksin yang disediakan pada kesempatan kali ini untuk peserta vaksinasi adalah Booster Astrazeneca untuk 18 tahun ke atas, Booster Moderna untuk 18 tahun ke atas, Vaksin Astrazenneca Dosis 1 dan 2 untuk 18 tahun ke atas, Vaksin Moderna Dosis 2 untuk  18 tahun ke atas, Vaksin Shinovac Dosis 1 dan 2 untuk usia 6 – 11 tahun, Vaksin Covovax untuk usia 18 tahun ke atas, Vaksin Pfizer Dosis 1 untuk usia 12 – 17 tahun dan Vaksin Pfizer Dosis 2 untuk usia 12 tahun ke atas.

Vaksinasi Booster ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan imunitas tubuh setiap orang, dalam membangun daya tahan tubuh dari paparan virus Covid-19 serta dibutuhkan saat daya tahan atau imunitas yang terbangun pasca vaksin primer (Dosis 1 & 2) sudah mulai menurun sementara  pada saat yang sama proses mutasi, transmisi, dan migrasi virus covid-19 masih ada. Bahkan semakin cepat dan tidak bergejala,. sehingga vaksinasi Booster ini penting untuk membangun imunitas tubuh.

Vaksinasi yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan percepatan pelaksanaan Vaksin Dosis 1, Dosis 2 maupun Booster. Pelaksanaan pada kesempatan kali ini berjalan dengan lancar aman dan terkendali, terpantau banyak peserta vaksinasi yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Harapan dengan diadakan kegiatan ini  bisa membantu target program pemerintah pusat terkait dengan percepatan vaksinasi tingkat nasional, tentunya setelah divaksinasi masyarakat dihimbau agar tetap mematuhi serta menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus covid-19, walaupun pada akhir-akhir ini trend penyebaran virus covid-19 secara nasional sudah mengalami penurunan secara signifikan.