oleh

Pembekalan Capaja TNI-POLRI 2020, Jokowi: Capaja Siapkan Diri Hadapi Persaingan Dunia.

-Nasional-164 views

Bisnis Metro, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memberikan pembekalan kepada calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri 2020 secara virtual terhadap 750 Capaja TNI dan Polri 2020, Rabu (8/7/2020). Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta calon perwira remaja (Capaja) TNI dan Polri yang akan dilantik untuk memegang konsisten terhadap ideologi negara. Hal itu disampaikan Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

“Saya ingatkan saudara harus konsisten terhadap ideologi negara, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Jokowi.

Kepala negarapun memberikan ucapan selamat kepada para capaja yang telah berhasil melalui tempaan yang luar biasa.

“Saya tahu untuk mencapai tahap sekarang ini para calon perwira remaja TNI-Polri telah ditempa selama empat tahun, telah ditempa dengan kedisiplinan tinggi, keahlian mumpuni, karakter kepemimpinan yang kokoh tiada tanding,” ucap Jokowi.

“Untuk bisa lolos dan lulus dari tempaan itu tidaklah mudah, bahkan sangat sulit,” tambah dia.

Jokowi juga meminta agar TNI dan Polri terus menjaga sinergisitas dan soliditas, bahkan dengan kementerian dan lembaga lainnya.

Menurut Jokowi, para Capaja juga harus konsisten menjaga keutuhan negara dengan semua tujuan-tujuan besarnya. Ia pun mengingatkan, ke depannya tantangan negara akan lebih berat dan membutuhkan peran penting TNI dan Polri.

Berikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Selalu bersatu menghadapi setiap ancaman ke depan, tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, para capaja TNI-Polri yang akan dilantik ini adalah calon pemimpin masa depan. Kepala Negara mengingatkan bahwa persaingan dunia akan semakin ketat. Oleh sebab itu, Jokowi meminta para capaja siap menghadapinya.

“Saudara adalah generasi muda terpilih calon pemimpin masa depan, menghadapi persaingan dunia yang makin ketat, saya yakin saudara sangat siap menghadapi tantangan itu,” ucap Jokowi.

Sementara, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjadi berharap pelantikan Capaja tanggal 14 nanti di Istana Negara Jakarta bisa berjalan dengan aman lancar dan tidak ada halangan yang berarti dan pelantikan akan dilaksanakan secara daring.

“Nanti  akan perwakilan dari Capaja sebagai penerima Adhi makayasa dan Sumpah dan yang lainnya akan dilakukan secara virtual yang dilaksanakan di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian, namun semuanya sudah dipersiapkan dan dilaksanakan dengan baik karena mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19,” tandasnya.

Harapan Panglima TNI kepada Capaja yang nantinya menjadi perwira-perwira TNI-POLRI dimasa depan pada era modern ini harus siap menghadapi ancaman yang berkaitan dengan cyber dan kesenjangan.

“Mereka harus benar-benar bisa menghadapi ancaman tersebut, di perang modern juga tentunya berbeda bukan hanya di dalam laut di hutan tapi semuanya, tapi justru semua ada dalam genggaman kita, kita salah untuk memberikan informasi maka tentunya akan menjadikan satu perubahan dalam bentuk ancaman.” Ungkap Hadi.

Selain Presiden Jokowi, Panglima TNI dan Kapolri acara ini turut dihadiri oleh para Kepala Staf Angkatan beserta perwira tinggi TNI-Polri lainnya.

Editor: Yuni

News Feed