oleh

PEMERINTAH BERSAMA APARAT JAMIN KEAMANAN MASYARAKAT DI WAMENA

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menegaskan, pemerintah akan terus berusaha sekuat tenaga untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat di Wamena, Papua.

“Tentu kami, aparat keamanan, aparat kepolisian, dan aparat TNI akan terus berusaha sekuat tenaga memberikan jaminan keamanan agar trauma ini bisa segera hilang dan mereka bisa kembali bekerja seperti biasa,’’ kata Menko Polhukam Wiranto dalam rilisnya, Minggu (6/10/2019).

Dirinya menyampaikan bahwa jaminan keamanan juga diberikan para tokoh serta ketua adat di sana agar masyarakat tidak eksodus dan melanjutkan kehidupan di sana. Dikatakan, rata-rata masyarakat dari Minang dan Sulawesi Selatan telah memberikan suatu kehidupan ekonomi di daerah-daerah terdampak dengan berdagang.

Wakapolda Papua, Brigjen Jacobus Marjuki menjamin situasi keamanan di hampir seluruh Ibu Kota Kabupaten di Papua kondusif.

“Kota-kota semua di Papua tidak ada masalah, semua terjamin keamanannya,” kata Jacobus seperti dilansir dari Antara, Selasa (8/10/2019).

Namun Jacobus mengingatkan, adanya ancaman dari kelompok separatis bersenjata di beberapa daerah pedalaman. Misalnya Lanny Jaya, Nduga, dan Ugimba (Kabupaten Intan Jaya).

Jacobus menegaskan, jajarannya akan terus memburu siapapun pelaku kerusuhan Wamena, Papua. Mereka, kata dia, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

“Siapapun pelaku kerusuhan akan dikejar. Semua masyarakat mendukung kita. Berilah kesempatan kepada kepolisian untuk memproses perusuh-perusuh itu, jangan sampai nila setitik lalu merusak susu sebelanga. Bagi yang merasa tidak bersalah, silakan menempuh jalur hukum,” katanya.

News Feed