oleh

Pengawasan Segel Bangunan Tidak Sederhana Di Ciater Serpong, Pekerja Dipaksa Keluar Satpol PP Tangsel

-Peristiwa-144 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Sejumlah pekerja diam-diam terus beraktivitas di area proyek Bangunan Tidak Sederhana Restoran Mie Gacoan di Jalam Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Padahal 3 Februari 2023 lokasi itu telah disegel petugas Satpol PP karena belum memiliki izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Pita kuning PPNS dan segel terpasang melintang di bagian depan akses masuk proyek. Sebagai peringatan keras, tak boleh lagi ada aktivitas disana hingga proses perizinan dikantongi pemilik bangunan.

Namun dalam sebuah video yang beredar pada Minggu 5 Februari 2023, sejumlah pekerja tepergok tetap beraktivitas seperti biasa di area proyek. Menyadari adanya informasi itu, petugas Satpol PP langsung bereaksi mendatangi lokasi pada Selasa 7 Februari 2023.

“Intinya untuk para pelaku usaha atau pun pribadi yang melakukan kegiatan tanpa izin tolong untuk melakukan dulu proses yang seharusnya dilalui untuk memiliki izin terlebih dahulu. Dan untuk pemilik yang sudah dilakukan penyegelan, tolong ditaati aturan yang ada, jangan sampai melakukan kegiatan apapun di lokasi sampai semua proses selesai,” terang penyidik PPNS Satpol PP Tangsel, Yogi, di lokasi.

Petugas langsung memberi peringatan kepada sejumlah pekerja di area proyek untuk tidak mengulangi perbuatannya. Seorang mandor pekerja akhirnya dibawa ke Kantor Satpol PP guna dimintai keterangan atas pelanggaran itu.

“Karena sudah ada line PPNS dan segel terpasang, kami selaku PPNS akan menindaklanjuti proses pelanggaran tersebut,” kata Yogi.

Proyek bangunan Mie Gacoan di Kota Tangsel selalu menuai sorotan atas sejumlah pelanggaran, seperti soal izin PBG, pencopotan garis dan stiker segel, hingga aktivitas pekerja di area yang sudah tersegel.

Proyek bangunan Mie Gacoan Ciater merupakan lokasi kedua dari Cabang lainnya yang sudah berdiri beberapa waktu lalu di Jalan Puspiptek,Buaran Serpong. Pelanggaran yang sama dilakukan pula pada saat awal pembangunan proyek Mie Gacoan di Jalan Puspiptek.(bli/sg)