oleh

Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-73, Pangkoopsau 1 Tanam 2020 Pohon Sukun Serentak di seluruh Lanud

-TNI Polri-235 views

Bisnis Metro, JAKARTA – Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsekal Muda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr(Han)  didampingi Para pejabat dan staf jajaran Koopsau I melaksanakan aksi tanam pohon sukun secara simbolis di Lapangan Makoopsau I Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (29/7).

Kurang lebih 2020 pohon sukun  ditanam secara simbolis dalam kegiatan tersebut sebagai simbol saja bahwasannya di Tahun 2020 ini Tri Bowo Budi Santoso  menjabat sebagai Pangkoops I.

Penanaman pohon ini merupakan realisasi dari program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan, kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Bakti TNI AU yang ke-73 setiap pada tanggal 29 Juli.

Menurut Pangkoopsau 1 Marsekal Muda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr(Han) , Kegiatan ini sesuai agenda dari mabes AU dalam rangka melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti ke-73 secara serentak diseluruh lanud di jajaran seluruh Indonesia dengan pelaksanaan upacara pada jam yang sama di seluruh lanud di jajaran koopsau 1.

“Dimana setiap lanud yang ada dibawah jajaran Koopsau 1 harus memanam sebanyak 73 pohon sukun serentak pada hari ini. Dalam rangka  peringatan ke-73 hari bakti TNI Angkatan Udara”, jelasnya.

Pangkoopsau 1 juga beralasan kenapa harus pohon sukun yang dipilih, karena  pohon sukun ini buah yang sangat digemari oleh pejabat-pejabat untuk kudapan atau cemilan sore hari sukun juga yang bisa mengenyangkan.

“Kita berharap dengan simbolis yang kami lakukan di jajaran koopsau 1 ini  bisa memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat Indonesia secara luas karena banyak lahan-lahan kita yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan, asal kita mau saja”, ujar Tri Bowo.

Jenderal bintang dua ini juga selalu percaya akan semboyan filosofi kehidupan, Kalau  kita berusaha membiasakan diri menanam pohon bumi ini menjadi sejahtera.

“Dimana bumi dipijak disitu langit kita junjung barang siapa yang mencintai penduduk bumi maka penduduk langit akan mencintai kita,  salah satunya kita menanam pohon artinya pohon ini mengeluarkan oksigen dan diri kita secara tidak langsung sudah bersedekah oksigen”, ungkapnya saat memberikan keterangan kepada awak media yang hadir.

Hari Bhakti TNI AU yang diperingati setiap tahun untuk mengenang peristiwa heroik, patriotisme dan kepahlawanan di Bulan Juli 1947.

Kilas balik, pada Juli 73 tahun silam, TNI AU melakukan operasi serangan udara pertama. Dimana tiga pesawat AURI terdiri dari pesawat Guntei dan dua pesawat terbang Churen take off secara berurutan di lapangan terbang Maguwo Jogjakarta. Sejarahnya pada tanggal itu salah satu pesawat kita sedang membawa obat-obatan dari India dan ditembak jatuh oleh Belanda di mana 3 pilot di antaranya menjadi korban di dalam pesawat vt-clamana, yaitu Agustinus Adisucipto kemudian Abdurrahman Saleh dan Adi Sumarmo yang namanya diabadikan di lanud sekitaran Jogjakarta. Sejak itu diperingati sebagai Hari berkabung kita para insan-insan angkatan udara.

Diakhir amanatnya Pangkoopsau 1 juga mengucapkan terimakasih kepada para awak media yang sudah sering membantu meyebarkan berita-berita yang positif khususnya bagi lingkungan Koopsau 1.

“Saya juga berterima kasih kepada teman-teman media mudah-mudahan dengan berita yang disiarkan menjadi inspirasi yang membaca atau melihat apa yang menjadi kegiatan kita bisa menjadi bacaan dan tontonan yang bermanfaat buat masyarakat luas”. Pungkasnya.

Editor : Yuni

News Feed