oleh

Pitch Black ’22. F-16 TNI AU Sukses Jalani Misi DCA Malam Hari

Bisnismetro.id, AUSTRALIA – Pada hari keempat fase _Large Force Employment_ (LFE), penerbang-penerbang F-16 TNI AU kembali sukses menjalani sesi latihan _Defensive Counter Air_ (DCA) malam hari, di RAAF Base Darwin Australia, Kamis (1/9/2022).

_Defensive Counter Air_ merupakan latihan dimana penerbang-peberbang TNI AU yang tergabung dalam _blue force_ bersama penerbang kontingen negara lainnya, mempertahankan wilayah udara yang telah dikuasai dari kemungkinan direbutnya kembali oleh musuh yang diperankan oleh _red force_.

Misi DCA merupakan salah satu skenario dari LFE dimana peserta latihan dibagi menjadi dua tim yaitu _Blue Force_ (Tim Biru) yang melakukan pertahanan pada wilayah yang berhasil direbut dan _Red Force_ (tim merah) yang melakukan serangan dalam upaya mengambil kembali wilayah yang gagal dipertahankan.

Empat F-16 TNI AU yang tergabung dalam _Blue Force_ bersama 45 pesawat dengan _Mission Commander_ dari United State PacificnAir Force (US PACAF) menjadi bagian dari elemen pertahanan wilayah timur _(East Lane)_ bersama 4 SU-30 dari India (IAF), 4 F-35A dari Australia (RAAF), 1 EA 18 _Growler_ dari RAAF, 4 F-35B dari United State Marine Corp (USMC), dan 4 F-15 dari Singapura (RSAF).

Sementara _Red Force_ dengan kekuatan 25 pesawat dipimpin Perancis (AAE), juga melibatkan 1 flight F-16 TNI AU.

Pesawat-pesawat F-16 TNI AU sukses melakukan misi DCA malam hari, karena dibekali peralatan terbang _Night Vision Google_ (NVG) dan _Targetting POD_ yang mempermudah para penerbang melaksanakan misi.(***)