oleh

Politeknik PU Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

-Gaya Hidup-98 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus medukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang PUPR yang kompeten, profesional, berdaya saing tinggi, dan siap kerja. Untuk mewujudkannya, Politeknik Pekerjaan Umum (PU) di Kota Semarang, Jawa Tengah, secara resmi membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023 yang dimulai pada 23 Mei – 26 Juni 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan keberadaan Politeknik PU merupakan komitmen pemerintah untuk mendukung peningkatan dan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui penyediaan infrastruktur pendidikan.

“Keunikan dari Politeknik PU adalah adanya program belajar spesial, dimana para siswa akan lebih banyak belajar di lapangan dibanding di kelas. Selain magang kerja selama satu semester, mahasiswa juga dibekali porsi praktek yang lebih besar daripada teori. Serta sertifikasi kompetensi sebagai pendamping ijazah. Sehingga nanti lulusannya mampu langsung bekerja. Alatnya yang digunakan sesuai dengan yang dipakai Kementerian PUPR,” ucap Menteri Basuki.

PMB dibuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa terkecuali dengan kuota 225 Mahasiswa dan Mahasiswi (75 Mahasiswa/program studi). Seluruh mahasiswa akan memenuhi tiga program studi (prodi) yang meliputi, Diploma 3 (D3) Teknologi Konstruksi Bangunan Air, D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, dan D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

Para peserta PMB harus merupakan lulusan tahun 2021 atau 2022 dari SMA/MA (IPA) atau SMK Kejuruan tertentu. Peserta dapat memilih maksimal 2 prodi pada pengisian formulir pendaftaran dan mengunggah berkas administrasi di www.pmb.politeknikpu.ac.id.

Untuk tahapan seleksi akan dilakukan melalui tiga rangkaian, dimulai dari Seleksi Administratif, kemudian dilanjutkan Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) secara online, dan terakhir validasi data administrasi bagi yang dinyatakan lulus.

Kemudian untuk pengumuman peserta yang lulus tahap awal pada 6 Juli 2022, dilanjutkan Ujian SKD pada 20 Juli 2022, dan Pengumuman Kelulusan dan Validasi PMB Gelombang I pada 28 Juli – 3 Agustus 2022 serta Pengumuman Kelulusan dan Validasi PMB Gelombang II pada 5 Agustus – 10 Agustus 2022.

Seluruh proses pendaftaran dan pengunggahan berkas administrasi dilakukan secara online. Untuk info lebih lanjut mengenai persyaratan berkas administrasi dan berkas lainnya dapat dilihat melalui website www.pmb.politeknikpu.ac.id atau nomor Whatsapp di 081225517276.

Politeknik PU merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian PUPR yang dibuka sejak tahun 2019. Politeknik PU merupakan salah satu bentuk terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri terhadap tenaga konstruksi terampil, dalam menghadapi tantangan global maupun tantangan nasional bidang Pekerjaan Umum serta mendukung pengembangan SDM yang merupakan salah satu dari lima program prioritas pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin.

Keunggulan Politeknik PU dibandingkan politeknik lain di antaranya, lulusan akan mendapatkan sertifikasi kompetensi level terampil, kompetensi lulusan sesuai kebutuhan di lapangan, OJT dan kerja praktik, workshop dan laboratorium (peralatan sesuai yang digunakan di lapangan). Kemudian terdapat keunggulan dalam hal kurikulum mata kuliah khusus yang tidak diajarkan di politeknik lain dan keterlibatan industri konstruksi (BUMN) secara langsung sebagai pembimbing tugas akhir, serta tugas akhir wajib menggunakan studi kasus dan data pelaksanaan proyek infrastruktur PUPR.

Biaya kuliah di Politeknik PU cukup terjangkau, yaitu berupa Uang Kuliah Tunggal sebesar 6 juta Rupiah tiap semester. Dengan biaya tersebut, mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan memanfaatkan fasilitas kampus yg lengkap dan modern. (*)
sumber: Biro Komunikasi Publik
KemenPUPR