oleh

Puluhan Kantong Darah Disumbangkan Untuk Kemanusiaan

-TNI Polri-1.316 views

Bisnis Metro, BOGOR -Lanud Atang Sendjaja-Bogor (24/7). Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke 72 TNI Angkatan Udara tahun 2019, puluhan kantong darah disumbangkan untuk kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor, yang didonorkan oleh personel gabungan TNI Angkatan Udara yang berdinas di wilayah Bogor. Donor darah tersebut dilaksanakan di rumah sakit dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja, Rabu (24/7/2019).

Pelaksanaan donor darah ini melibatkan puluhan orang, yang terdiri dari personel TNI Angkatan Udara yang berdinas di wilayah Bogor meliputi personel Lanud Atang Sendjaja, jajaran Wing Pendidikan Umum (Wingdikum), Satuan Bravo 90 Paskhas, Kompi C Paskhas. Selain itu, ikut mendonorkan darahnya, ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 3/Daerah I Lanud Atang Sendjaja, dan para siswa SMK Penerbangan Angkasa Bogor.

Danlanud Atang Sendjaja, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Eding Sungkana, S.AB., M.Tr (Han) mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh warga Lanud Atang Sendjaja dan satuan-satuan TNI AU lainnya yang ada di wilayah Bogor ini sebagai wujud dari bakti TNI Angkatan Udara bertepatan dengan peringatan Hari Bakti ke 72TNI Angkatan Udara tahun 2019.

“Kita ini berasal dari rakyat, dan karena itu apa yang kita lakukan ini adalah wujud dari kepedulian kita kepada masyarakat, apalagi sebagai makluk sosial, kita tidak mungkin dapat hidup sendiri-sendiri, kita harus saling membantu, saling menolong terutama untuk membantu masyarakat yang sakit yang membutuhkan transfusi darah”, jelas Perwira Bintang Satu yang belum lama ini dilantik menjadi Danlanud Atang Sendjaja.

“Harapan saya, mudah-mudahan kantong-kantong berisi darah yang disumbangkan peserta donor dengan penuh keiklasan dalam rangka Peringatan Hari Bakti ke 72 TNI Angkatan Udara tahun 2019 melalui Palang Merah Indonesia ini, dapat menjawab kebutuhan darah di Kabupaten Bogor yang sering mengalami kekurangan stok darah”, ungkap Danlanud Atang Sendjaja.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Hari Bakti ke 72 TNI Angkatan Udara di Lanud Atang Sendjaja, Letkol Tek M. Iqbal Mas Putera menjelaskan bahwa jumlah pendonor yang terdaftar sangat banyak, namun sebagian tidak bisa memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya karena kondisi setelah lebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan.

“Ada 165 orang yang terdaftar, dan yang bisa mendonorkan darahnya sekitar 90 an orang. Target kami 75 orang, ternyata antusias personel sangat tinggi sehingga ada 90an kantong darah yang kami sumbangkan, dan yang belum sempat diambil darahnya akan kami fokuskan untuk kegiatan kemanusiaan kami selanjutnya”, ungkap Letkol Tek M. Iqbal Mas Putera, yang sehari-hari melaksanakan tugas sebagai Danskatek 024 Lanud Atang Sendjaja.

Sumber: PenAts

Editor: Yuni

News Feed