oleh

Pushidrosal Gelar Pemantapan dan Pengetahuan Hidros Tentang Enc dan Ecdis bagi Pengawak Navigasi KRI

-TNI Polri-561 views

Bisnis Metro, Jakarta, 10 Maret 2020—– Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut TNI AL (Pushidrosal) menggelar pemantapan dan pengetahuan Hidros tentang Electronic Navigational Chart (ENC) dan Electronic Chart Display Information System (ECDIS) bagi pengawak KRI, bertempat di Gedung Serbaguna Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Selasa (10/03).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 10 sampai dengan 12 Maret 2020 ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel tentang ENC dan ECDIS sebagai pengawak peralatan navigasi KRI guna mendukung tugas pokok TNI AL dalam rangka menegakkan hukum dan kedaulatan negara di laut.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat utama Pushidrosal dan segenap perwira staf dijajaran Pushidrosal.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wakapushidrosal, Kapushidrosal menegaskan Pushidrosal merupakan kotama operasi dan juga sebagai kotama pembinaan TNI Angkatan Laut yang bertugas menyelenggarakan operasi survei dan pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan hidup laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yuridiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk mempertahankan negara dan pembangunan nasional.

Ditambahkannya, Pemantapan pengetahuan Hidros saat ini terdiri dari kegiatan teori dan praktek menggunakan komputer dan perangkat lunak pendukung kelas. Peserta akandiperkenalkan tentang pengetahuan dasar ENC dan ECDIS serta pengenalan IHO(S-4, S-57 dan S-63) termasuk pengoperasian ECDIS dan ENC yang dapat mendukung tugas para pengawak navigasi KRI.

“Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain adalah memahami dan mengerti karakteristik ENS dan ECDIS, mempu mengoperasikan ECDIS beserta ENS dengan baik dan benar serta mampu mengatasi permasalahan dalm pengeoperasian ECDIS maupun ENC” kata Kapushidrosal.

Kapushidrosal menekankan agar seluruh peserta dari kegiatan tersebut selalu memperhatikan dan melaksanakan segala instruksi yang diberikan oleh para instruktur/pembantu instruktur.

“Pahami secara benar segala prosedur yang diajarkan sehingga kalian dapat mempraktekkan secara benar dalam penugasan. Ingatlah bahwa kegiatan ini sangat penting, tidak hanya untuk diri kalian pribadi tetapi juga satker dimana kalian bertugas”. Ujar orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut.

Pemantapan dan pengetahuan Hidros tentang ENC dan ECDIS diikuti oleh 80 peserta, yang terdiri dari 60 peserta kursus yang berasal dari Koarmada I sebanyak 34 personel, Koarmada II 12 personel, Koarmada III 4 personel dan Kolinlamil 10 personel. Sementara personel pendukung terdiri dari Panitia sebanyak 16 personel dan instruktur 4 personel.

Sumber: Humas Pushidrosal

News Feed