oleh

“RAJAWALI WARRIORS” GOWES BERSAMA LEGENDA SEPEDA INDONESIA

-Olah Raga-523 views

Bisnis Metro, Tangeran Selatan – Penarhanud 1. Petualangan sang legenda hidup balap sepeda Indonesia, Tarwi yang sejak 17 September 2020 lalu bersepeda dari Surabaya berakhir Sabtu, (26/9/2020) di Jakarta. Komandan Batalyon Arhanud 1/Kostrad dan segenap prajurit dari Batalyon Arhanud 1/Kostrad turut diundang dalam acara Gowes penyambutan sosok legenda sepeda dari Jawa Timur itu. (27/9/2020).

Pada hari Minggu (27/9/2020) Tarwi bersepeda menempuh jarak pendek start dari Modernland Tangerang dengan finis di Alam Sutera Tangerang, Banten bersama sejumlah komunitas pesepeda Tangerang. Menurut Ketua Komunitas Balap Sepeda Ayodhya Bicycle Club, Josep Lomena dan Komandan Batalyon Arhanud 1/Kostrad Mayor Arh Helmy Ariansyah, S.E. telah disiapkan sambutan khusus kepada Tarwi sebagai bentuk penghormatan kepada legenda balap sepeda Indonesia itu.

”Petualangan saya kali ini jelas bukan untuk mengejar prestasi. Usia saya kan sudah 79. Yang saya lakukan sekarang ini adalah salah satu bentuk sumbangsih untuk membangkitkan kembali kegairahan bersepeda di Indonesia. Karena dari tumbuhnya minat masyarakat bersepeda niscaya akan memudahkan kita untuk mencari calon atlet balap sepeda berbakat,” katanya.

”Bayangkan di usia beliau yang sudah tidak muda lagi (79 tahun) masih punya semangat bersepeda. Memang ini bukan untuk mencari prestasi tetapi pak Tarwi mengajak masyarakat bahwa bersepeda itu selain sehat juga berkesempatan mengejar prestasi. Tinggal bagaimana kita memadukan keduanya,” kata Josep peraih medali sepeda emas SEA Games 1981, Manila, Filipina, sekaligus salah satu anak didik pak Tarwi.

Nama Tarwi tidaklah asing di kalangan pesepeda nasional. Pria asal Jawa Timur ini pernah mewakili tim Indonesia di ajang olahraga GANEFO pada tahun 1966 di Kamboja, menjuarai sejumlah balap sepeda di tingkat nasional, Asia Tenggara, hingga ikut serta di banyak kejuaraan kelas dunia. Karena itu, ia dikenal sebagai salah satu atlit sekaligus pelatih sepeda yang disegani di tanah air. Kini, di usianya yang ke 79 tahun, Tarwi membuat sebuah kejutan lewat inisiatifnya melakukan perjalanan “Tour de Java 1100 Km is Back”, sebuah touring dengan sepeda yang dikayuhnya dari Surabaya menuju Jakarta pada 17-26 September 2020. Dengan sepeda road bike Sterling keluaran United Bike yang telah dimilikinya sejak lama, Tarwi memulai gowes sepanjang 1100 km yang dimulai dari Universitas Negeri Surabaya, kampus Lidah Wetan, dan berakhir di Velodrome Rawamangun, Jakarta.

Untuk menutup rangkaian tour pulau Jawa-nya tersebut, Tarwi akan menyempatkan diri untuk menyambangi kantor pusat United Bike di Alam Sutera, Tangerang bersama dengan Ayodhya Bicycle Club (ABC) dan Komandan Batalyon Arhanud 1 beserta segenap prajurit yang ikut dalam acara tersebut, yang menjadi tim penyambut kedatangan Tarwi di Jakarta. Kunjungan Tarwi ke United Bike merupakan impiannya sejak lama, yaitu ingin mengenal lebih dekat pabrikan sepeda yang telah menjadi tunggangannya selama ini.

“Saya ingin menunjukkan kepada para generasi muda untuk tetap produktif. Kita harus tetap semangat,” ujar Tarwi menjelaskan alasannya melakukan perjalanan kali ini di tengah pandemi COVID-19. Legenda balap sepeda nasional tersebut berniat mengulangi prestasi touring jarak jauhnya yang pernah dilakukan pada 18 tahun lalu, tepatnya tahun 2002, saat ia mengayuh sepedanya menuju Jakarta dari kediamannya di Surabaya. (Red)

News Feed