oleh

Rakornispenau 2022, Buka Rakernispenau, Aspotdirga Kasau Berharap Insan Penerangan TNI AU Lebih Tanggap.

-TNI Polri-60 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kemajuan Teknologi Informasi telah membentuk masyarakat dunia yang semakin terkoneksi. Fenomena tersebut, disatu sisi membuka peluang terbentuk masyarakat informasi, tetapi disisi lain juga melahirkan tantangan, dimana informasi telah menjadi senjata untuk “menyerang” yang berdampak cukup dasyat.

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP, saat membuka Rapat Kerja Teknis Penerangan TNI AU (Rakernispenau) 2022, Selasa (12/7/2022), di Mabesau, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Waaspotdirga Kasau Marsma TNI Tyas Nuradi berharap, sebagai ujung tombak pembangun citra positif TNI AU, Dispenau lebih tanggap terhadap setiap informasi yang menyangkut citra positif TNI AU.

“Saya berharap jajaran penerangan TNI AU cepat tanggap terhadap tugas-tugas membangun citra positif TNI AU, sehingga setiap upaya pembentukan citra positif TNI AU, dapat dilaksanakan dengan baik,” harap Aspotdirga Kasau.

Aspotdirga Kasau juga menambahkan, dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat, personel penerangan harus berpedoman bahwa setiap informasi harus transparan dan akuntabel. Personel penerangan juga dituntut satu bahasa dalam melaksanakan mekanisme hubungan dengan pimpinan, mitra kerja maupun satuan samping.

“Untuk mendapatkan informasi yang akurat harus proaktif ke sumber berita, analisis dan diolah dengan baik, yang selanjutnya disampaikan secara proporsional,” ujar Aspotdirga Kasau.

Rakernispenau tahun 2022, diikuti 64 Kepala Penerangan (Kapen) dan Kapentak jajaran TNI AU di seluruh Indonesia, berlangsung selama dua hari, (12 s.d.13/7/2022).

Tampil sebagai narasumber internal dari Spotdirga, Sintelau dan Diskumau. Peserta Rakernispenau juga dibekali pengetahuan teknis proses pemberitaan media cetak & online dan penyiaran televisi, dengan melakukan kunjungan ke redaksi Kompas Grup Media.

Selain itu pada hari kedua, peserta juga akan diberikan materi pelatihan teknis berupa penulisan jurnalistik, video dan fotografi jurnalistik serta pengelolaan Media Sosial dari tim CNN Indonesia.

Turut hadir dalam Rakernispenau 2022, Kadispenau, Wakapuspotdirgaau, para peninjau dari Satsiber Dispamsanau, Dispsiau, Disinfolahtau, dan Diskomlekau.(***)