oleh

RAPI Tangsel Gelar Sertifikasi Keanggotaan

-Megapolitan-1.525 views

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Organisasi RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten mengadakan kegiatan Bimbingan Organisasi (BO) edukasi kepada masyarakat atau calon anggota RAPI tentang peraturan-peraturan organisasi dalam hal membantu pemerintah terkait kegunaan HT agar tepat guna (tidak mengganggu penerbangan, rumah sakit, atau alat komunikasi lainnya).

“Hal ini sesuai Permen Kominfo No 17 Tahun 2018 untuk sertifikasi HT maupun rik rik untuk masyarakat yang syaratnya harus menjadi anggota RAPI,” terang Budi Setiono, selaku Pengurus RAPI Provinsi Banten, usai kegiatan yang bertempat di gedung PGRI, Pamulang, Kota Tangerang Selatan  (Tangsel), Minggu (27/10/2019) siang.

Masyarakat nanti akan dibantu pendaftarannya bisa secara online melalui Kominfo, lalu diberi waktu sebulan untuk validasi organisasi,  barulah selanjutnya mendapat sertifikasi ijin penggunaan radio selama 5 tahun.

Sementara, diterangkan Susanto selaku Ketua RAPI wilayah 3008 Kota Tangsel, mengatakan bahwa kegiatan pembinaan kali ini diikuti sekirar 80 an anggota dan calon anggota RAPI khususnya Tangsel dan sekitarnya.

“Kegiatan ini wajib, agar tersetifikasi dalam penggunaan radio maupun nanti untuk memancar gelombang melalui frekuensi radio,” cetusnya.

Materinya antara lain, anggota dan calon anggota akan mengetahui sejarah daripada RAPI Provinsi Banten sampai berdiri adanya di Tangsel.

Materi kedua, diisi pula dengan sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang organisasi RAPI ini adalah organisasi yang sudah diakui pemerintah mengenai penggunaan radio.

Materi teknik pun juga diberikan dalam hal mengoperasikan singkat dan sederhana radio dengan baik. Juga tata cara penggunaan frekuensi.

Termasuk pula anggota RAPI ini  berperan membantu program pemkot dalam hal komunikasi dan yang terkait dalam hal kebencanaan dan kamtibmas.

Ia pun berpesan agar masyarakat berhati-hati menggunakan alat komunikasi seperti radio gelombang, agar melengkapi peraturan dan tata cara pemakaian.

“Penggunaan pancar ulang, radio komunikasi itu tidak sembarangan, silahkan datang ke kantor kami di Jalan Surya Kencana no 10 Pamulang Barat. Kami akan akomodir masyarakat yang ingin ikut meramaikan dunia radio komunikasi,” tandasnya.(sugeng)

News Feed