oleh

Sail Nias 2019: Demo Udara TNI AU Disiapkan Secara Matang

-Nasional-496 views

Bisnis Metro, NIAS – Demo udara TNI Angkatan Udara menjadi bagian penting dalam perhelatan Sail Nias 2019 yang telah diresmikan Menko Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan pada puncak acara di dermaga baru Pelabuhan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sabtu (14/9/2019).

Menampilkan aeromodelling, paramotor, terjun payung serta flypast, tim demo udara TNI AU membuat semua mata yang melihat yang hadir terkagum-kagum.

Suksesnya seluruh rangkaian demo udara tak terlepas dari peran personel TNI AU yang terlibat di dalamnya.

“Tugas dimulai setelah mendapatkan perintah pimpinan bahwa TNI AU akan melakukan demo udara untuk memeriahkan puncak acara Sail Nias 2019,” ujar Kolonel Nav Indrastanto yang ditunjuk sebagai koordinator olahraga dirgantara (ordirga) pada kegiatan tersebut.

Dijelaskannya, tahapan berikutnya setelah mendapat perintah adalah menentukan apa yang akan ditampilkan, bagaimana menampilkannya, serta siapa saja personel yang terlibat.

“Melalui perencanaan yang sudah ada, tim yang sudah terbentuk melakukan latihan agar dapat memberikan hasil terbaik, dihadapkan pada kendala atau hambatan yang ada,” tambahnya.

Pada kegiatan Sail Nias, beberapa kendala yang dihadapi oleh tim seperti jauhnya jarak dari tempat lepas landas menuju lokasi kegiatan, kemudian cuaca hingga kecepatan angin yang cukup besar.

“Untuk mengatasi kendala tersebut tentu kita harus menentukan langkah sesuai perencanaan serta menyiapkan langkah antisipasi disesuaikan dengan kondisi yang ada dengan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan,” kata perwira yang sehari-hari bertugas sebagai Kasubdisnatdirga Dispotdirgaau.

“Seluruh rangkaian persiapan yang matang serta koordinasi ketat yang terus dilakukan, alhamdulillah seluruh penampilan demo udara mulai dari aeromodelling, paramotor, terjun payung hingga flypast dapat terlaksana dengan aman dan lancar,” tutup Kolonel Nav Indrastanto.

Seluruh kegiatan demo udara sendiri di supervisi langsung oleh Aspotdirga Kasau Marsda TNI Nazirsyah, M.Sc., Waaspotdirga Marsma TNI T. Sembiring Meliala, Paban IV/Komsosdirga Spotdirga Kolonel Pnb Tahjodi, S.AP., dan Paban IV/Dukopslat Sopsau Kolonel Pnb Hedezzul. (Yuni)

Sumber: Dispenau

News Feed