oleh

Sailing Camp TNI AL, Didik Generasi Muda Cinta Bahari 

-TNI Polri-523 Dilihat

Bisnismetro.id, BANTEN — Kepedulian TNI AL terhadap pendidikan generasi muda agar memiliki SDM yang tangguh dan memiliki kecintaan kepada bahari yang tinggi, TNI AL melalui Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) mengadakan kegiatan Sailing Camp di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang Selatan, Banten.

Sailing Camp yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 20 hingga 22 Mei 2022 ini diisi dengan kegiatan pengenalan dan pelatihan olahraga air yang diikuti 30 peserta, 22 dari Pramuka Saka Bahari dan 8 dari Karang Taruna Desa Tanjung Pasir. Materi yang berikan kepada para peserta Sailing Camp antara lain pengenalan olahraga selam, layar dan mendayung.

Kasat Koor APLI/APPI (Asosiasi Pelatihan Layar Indonesia/Asosiasi Penyelam Profesional Indonesia) Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi selaku Ketua Satgas Sailing Camp saat membuka kegiatan ini mengatakan TNI AL dalam hal ini Dispotmaral melaksanakan salah satu fungsinya sebagai pembina potensi maritim dengan salah satunya membina generasi muda yakni saka bahari dan karang taruna dengan menyelenggarakan pengenalan dan pelatihan (teori & praktek) olahraga air.

“Supaya generasi muda mengenal dan mencintai kegiatan kebaharian yang pada ujungnya nanti peduli dengan lingkungan kemaritiman dan dapat memajukan kemaritiman kita sesuai dengan yang dicanangkan oleh pemerintah dengan poros maritim dunia-nya, selain itu juga pengenalan dan pelatihan ini sekaligus juga mencari bakat-bakat atlet olahraga air,” ujar Kolonel Budi.

Disampaikan melalui pesan singkatnya Kadispotmaral Laksma TNI Suradi menjelaskan bahwa Sailing Camp ini baru pertama kali dilaksanakan di bawah koordinasi Kasatkoor APLI/APPI sebagai pembina olahraga air untuk generasi muda, sebagai tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar Satuan Komando Wilayah (Satkowil)  melaksanakan kompetisi dan pelatihan olahraga air dalam rangka pembinaan dan mencari potensi atlet olahraga perairan berbakat.

Lebih jauh, Kolonel Budi menyampaikan bahwa kegiatan Sailing Camp tersebut akan diadakan di wilayah lain di seluruh Indonesia dengan melibatkan Dispotmar Jajaran TNI Angkatan Laut. (***)