oleh

Sambil Berenang, Kopaska TNI AL Salurkan Logistik Ke Daerah Terisolir Banjir Kalsel

-TNI Polri-147 views

Bisnis Metro, Jakarta 23 Januari 2021,- TNI Angkatan Laut melalui Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Komando Armada (Koarmada) II yang tergabung dalam Tim Satuan Tugas Search and Rescue (Satgas SAR) Gabungan TNI AL dibawah komando Komandan Satgas Kolonel Marinir Nur Azis turun langsung berenang menerjang arus sungai untuk mendistribusikan dukungan logistik kepada warga terdampak banjir yang sulit dijangkau menggunakan perahu karet, bertempat di Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (23/1).

Salah satu Tim Kopaska TNI AL langsung berenang menuju ke dekat rumah warga, dengan pertimbangan supaya perahu karet tidak merusak rumah warga mengingat arus sungai yang cukup deras.

Sejumlah paket bantuan berupa beras, bahan makanan, ikan kaleng, popok bayi, perlengkapan wanita, air mineral dan obat-obatan didistribusikan langsung kepada masyarakat terdampak banjir pada beberapa titik posko di Desa Sungai Tandipah yang masih terisolir banjir kurang lebih sedalam 50 meter.

Dansatgas Tim SAR TNI AL mengatakan, Tim Satgas SAR Gabungan TNI AL merupakan perintah langsung dari Pimpinan TNI AL, rencananya kedepan akan dikirimkan bantuan dari TNI AL kepada masyarakat terdampak di Provinsi Kalimantan Selatan dengan diangkut oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

“Kondisi banjir sudah mulai berangsur surut, ketinggian air di beberapa tempat sudah mulai turun, namun di beberapa lokasi masih ada rumah yang terendam, sehingga bantuan ini harus tepat sasaran untuk dapat membantu masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Tim Satgas SAR Gabungan TNI AL yang terdiri dari prajurit Lanal Banjarmasin, Dislambair Koarmada II dan Marinir ini juga mengajak Kowal Lanal Banjarmasin yakni Sertu Pdk/W Kharis Mariawati, Sertu Keu/W Devi Sulastri dan Serda Nav/W Sekar Wulandari turut serta ke sungai untuk mendistribusikan bantuan tersebut kepada masyarakat terdampak banjir menggunakan 3 unit perahu karet untuk menampung bahan logistik tersebut.

Keikutsertaan Tim Satgas Gabungan TNI AL ini sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar kehadiran prajurit-prajurit TNI AL dimanapun harus mempunyai dampak positif di tengah-tengah masyarakat.

(Dispenal)

News Feed