oleh

Sujud Syukur, Kembar Siam Joana dan Jovalin Berhasil Dipisahkan

Bisnismetro.id, JAKARTA – TNI Angkatan Darat melalui Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan ucapan ikut berbahagia dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan pemisahan kembar siam Joana dan Jovalin melalui tindakan Operasi yang berjalan dengan lancar selama kurang lebih 4 Jam di RSUP Prof.Dr.R.D..Kandou Manado Sulawesi Utara, Kamis (21/4/2022)

Keluarga prajurit Serda Fredrik Lumowa dan Ny Marcela Sumakul sangat berbahagia dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa tindakan medis pemisahan buah hati Joana dan Jovalin berjalan baik dan lancar.

“Mohon doanya, semoga keduanya segera pulih dan sehat. Kami dan keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kasad dan Ibu yang telah memperhatikan putri kami. Kepada seluruh tim dokter, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas segala upaya medis untuk kesehatan putri kami,” ujar Serda Fredrik.

Sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan si kembar Joana dan Jovalin yang berumur 2 tahun 3 bulan, sehingga dipastikan dapat dilakukan tindakan medis operasi pemisahan.

Tindakan medis operasi pemisahan dilakukan pada hari Kamis tanggal 21 April 2022 dimulai dari pukul 08.30 WITA dan hingga pukul 12.46 WITA. Operasi pemisahan si kembar berjalan dengan lancar dan pemisahan berhasil dengan baik. Selanjutnya dilakukan tindakan medis (dijahit,dibersihkan) dan secara keseluruhan baru selesai pada pukul 15.45 WITA.

Operasi pemisahan kembar siam Joana dan Jovalin dilakukan oleh Tim dokter terpadu sebanyak 67 orang dokter yang diketuai oleh DR,dr Harsali Lampus Sp.BA .

Pada kesempatan ini, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM ikut memantau jalannya operasi pemisahan bayi kembar siam Joana dan Jofelin Lumowa. Sebelum hari H pelaksanaan operasi, Brigjen Mukhlis telah berada di rumah sakit dan mengikuti informasi proses operasi hingga selesai, (Dispenad)***