oleh

Sumringah, Kader Kesehatan Kelurahan Jombang Ciputat Dapat Jatah Beras 20 Kg

-Megapolitan-110 views

Bisnis Metro.id,TANGERANH SELATAN- Berbekal photocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) para ibu- ibu di Kantor Kelurahan Jombang Ciputat, didata, kemudian diphoto oleh pihak kelurahan per orangnya bersama sekarung beras ukuran 20 Kg logo BUMN.

Pendata yang juga seorang perempuan, bernama Sawiyah mengaku sebagai Koordinator ibu-ibu para kader Posyandu/Posbindu tingkat Kelurahan Jombang (Korkel).

Dia menjelaskan bahwa sebanyak 153 ibu- ibu kader hari ini mendapat jatah beras per orangnya satu karung beras (tercantum ukuran 20 Kg).

“Memang sih maaf ya, bantuan ini sebetulnya diberikan untuk orang miskin, tapi kita para kader sih penginnya juga kebagian,” ungkap Sawiyah, Jumat (19/6/2020).

Dia bercerita, awalnya bersama pihak kelurahan mengusulkan, jikalau memang masih banyak (bansosnya), mungkin bisa dibagikan untuk para kader.

“Jika untuk warga masyarakat beres, dan sisanya masih ada tolong berikan untuk kader, jadi intinya para kader merasa diperhatikan,” tuturnya sembari menyebut bahwa Kelurahan Jombang membawahi wilayah 23 RW, saat ini telah ada 20 unit Posyandu, 4 unit Posbindu.

Ia juga mengiyakan, keluhan para kader yang di tahun 2020 ini, belum ada kejelasan dari Pemkot Tangsel berkaitan dengan pencairan honorariumnya.

“Selama ini pencairan insentifnya setahun dua kali, di Bulan Desember dan mau Lebaran. Dinas Kesehatan katanya masih menunda dan berhubung masih covid.

Biasanya setahun dua kali, totalog Satu juta dua ratus ribu lewat rekening BJB,” kata warga RW 17 ini, yang menjadi kader kesehatan sejak 1995, lalu tahun 2010 resmi didaulat menjadi korkel

Sementara, penjelasan Devi, Staf Bagian Kesra Kelurahan Jombang mengatakan bahwa jatah ibu-ibu kader tersebut berdasarkan data dari JNE dan Porter yang datanya teridentifikasi data ganda dan alamat nol (0). Misalkan RT/RWnya tidak jelas, mas,” tutur Devi.

Kemudian pihak kelurahan menyisir dan kuotanya cukup kita berikan kepada para kader kesehatan

“Nah karena itu data pengganti itu, kita berikan kepada kader dan marbot sebagai bentuk apresiasi Kelurahan Jombang,” tandasnya. (SUGENG)

News Feed