oleh

Survey Pelayanan Kesehatan dari Masyarakat, Klinik Denma Koopsud I Raih Hasil yang Memuaskan.

-TNI Polri-298 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA –  Survey terkait pelayanan kesehatan dari masyarakat, Klinik Denma Koopsud I raih hasil yang memuaskan. Berdasarkan hasil laporan pelaksanaan survey penilaian kepuasan pelayanan di Klinik Denma Koopsud I tanggal 10-12 Januari 2022.

Untuk diketahui, bahwa Komando Operasi Udara I (Koopsud I) memiliki pelayanan kesehatan yang tidak hanya terbatas pada pelayanan kesehatan bagi anggota TNI AU dan PNS beserta keluarga yang bertugas di Koopsud I, melainkan memberikan juga pelayanan kesehatan pada masyarakat sekitar. Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat merupakan pelayanan publik yang menggunakan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Layanan publik tersebut dilaksanakan oleh Klinik Denma Koopsud I.

Kegiatan penilaian yang dilaksanakan memberikan angket quesioner pada responden terhadap pelayanan kesehatan di wilayah Koopsud I dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 10-12 Januari 2022.

Skema yang digunakan untuk mengetahui respon dari masyarakat terhadap Klinik Denma Koopsud I melalui pembuatan daftar pertanyaan angket. Dengan cara membagikan lembaran angket kepada responden/masyarakat yang langsung menjawab pertanyaan pada angket tersebut.

Hasil yang dicapai diperoleh dari metode cek list angket. Bahan yang didapat dari hasil quesioner digunakan sebagai angka dasar perhitungan dalam menentukan nilai kepuasan pada tingkat; kurang, cukup, memuaskan dan sangat memuaskan. Jumlah responden dibagi dalam tingkat kepuasan pelayanan persentase kepuasan yang dicapai. Dengan hasil perhitungan, 150 respon yang memilih tingkat kurang = 15, 150 respon yang memilih tingkat cukup = 45, 150 respon yang memilih tingkat memuaskan = 65, 150 respon yang memilih tingkat sangat memuaskan = 25.

Dari data tersebut diperoleh nilai kepuasan masyarakat dengan hasil, tingkat kurang = 0,1 % = 10%, tingkat cukup = 0,3 % = 30%, tingkat memuaskan = 0,43 % = 43%, tingkat sangat memuaskan = 0,17 % = 17%. Dari keseluruhannya, mendapat kesimpulan terkait pelaksanaan kegiatan survey layanan kesehatan di Klinik Denma Koopsau I pada tanggal 10-12 Januari 2022 dengan hasil pelayanan kesehatan pada tingkat memuaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., mengapresiasi kinerja dari Klinik Denma Koopsud I seraya menambahkan, “Agar selalu dilanjutkan dan dikembangkan tingkat pelayanan kesehatan yang terbaik bagi siapapun yang berobat ke Klinik Denma Koopsud I,” ujar Pangkoopsud I.(***)