oleh

Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini, Danramil 07/KB Berikan Wasbang Kepada Ratusan Murid SMK Bina Insan Mandiri Srengseng

-TNI Polri-3.776 views

JAKARTA – “Wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan,” tegas Danramil 07/Kembangan – Kodim 0503/Jakarta Barat Kapten Inf Missin MD kepada ratusan murid saat bertindak sebagai Pembina Upacara di Sekolah SMK Bina Insan Mandiri (BIM) Komplek Qoryah Thoyyibah, RT.03/RW.01 Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan Jakarta Barat, Senin (18/11/2019).

Kegiatan Upacara Bendera berlangsung khidmat saat para siswa/i memberikan penghormatan saat pengibaran bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah upacara bendera kemudian dilanjutkan dengan Giat Pekan Pancasila Wawasan Kebangsaan yang dibawakan langsung oleh Danramil 07/Kembangan Kapten Inf Missin MD kepada sekira 200 orang siswa/i SMK Bina Insan Mandiri yang bertempat di ruang kelas utama.

“Perlu adik-adik sekalian ketahui, Nilai Wawasan Kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan kesatuan bangsa memiliki enam dimensi yang bersifat mendasar dan fundamental, yaitu: Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa; Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan besatu; Cinta akan tanah air dan bangsa; Demokrasi atau kedaulatan rakyat; Kesetiakawanan sosial; Dan masyarakat adil-makmur,” urai Kapten Inf Missin MD.

“Wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan,” jelas Danramil.

Tampak para siswa/i SMK Bina Insan Mandiri terlihat antusias menyimak presentasi dari Danramil 07/Kembangan.

“Wawasan kebangsaan mengembangkan persatuan Indonesia sedemikian rupa sehingga asas Bhinneka Tunggal Ika dipertahankan. NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju”, tambah Danramil.

“Untuk itu Saya selaku Danramil 07/Kembangan menghimbau kepada adik-adik sekalian agar senantiasa patuh terhadap kedua orang tua, menghormati Bapak/Ibu Guru, toleransi terhadap teman dan sesama serta belajar bersungguh-sungguh untuk menggapai impian dan harapan dimasa yang akan datang,” tutup Danramil 07/Kembangan Kapten Inf Missin MD.

Acara wasbang juga disisipi dengan dialog interaktif berupa tanya jawab serta menyanyikan lagu wajib Bagimu Negeri yang dibawakan oleh para siswa/i dengan khidmat.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Bina Insan Mandiri Bapak Hasim yang mewakili seluruh jajaran sekolah memberikan apresiasi atas kehadiran dan kesediaan Danramil 07/Kembangan Kapten Inf Missin MD dalam memberikan materi Wawasan Kebangsaan.

Dalam kegiatan wasbang tersebut, selain Danramil 07/Kembangan Kapten Inf Missin MD, turut dihadiri pula oleh para Babinsa Koramil 07/Kembangan yang dipimpin oleh Bati Tuud Pelda Suwarno, Kepsek SMK Bina Insan Mandiri Bapak Hasim, Wakepsek Ibu Ira Sumati, SE., Wakil Kurikulum Bapak H Yulianto, Manajemen Mutu Bapak Martoyo S.Kom., Para Guru Pengajar dan 200 orang Siswa-siswi SMK Bina Insan Mandiri. Acara berjalan aman, tertib dan lancar. (M.Solichin)

News Feed