oleh

Tekan Jumlah Pengangguran BLKI Banten tahun 2020 Disiapkan Anggaran 24 Milyar

-Megapolitan-36 views

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Pemerintah Provinsi Banten telah mempersiapkan anggarannya di  tahun 2020 sebesar 24 milyar rupiah untuk Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) atau sekarang UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten.

Hal tersebut diungkap Joko Sukamto Kasubag TU/ Tata Kelola Pemerintahan UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten, di Kantornya Jalan Raya Serpong Km 12 Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (7/11/2019).

UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten merupakan bagian dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemeritah Provinsi Banten, UPTD Latihan Kerja Banten. sesuai tugas dan fungsinya adalah meningkatkan kompetensi masyarakat di Provinsi Banten.

“Kami disini bekerja bagaimana meningkatkan kompetensi agar mempunyai daya saing, daya juang yang tinggi dan harapan kedepan bisa memperbaiki ekonomi Banten,” kata Joko.

Tahun 2019, UPTD ini melatih sebanyak 996 peserta didik terseleksi dari 8 Kab/kota se Banten dari berbagai keahlian dan kejuruan dengan APBD Banten. Yang pasti karena anggaran ini Banten tetaplah diperuntukkan bagi yang ber KTP Banten, imbuhnya.

Saat ini ada sekitar 19 program pelatihan yang disediakan disana, antara lain, desain grafis, las, teknik sepeda motor, hingga kecantikan rambut.

Peserta yang telah terseleksi dan siap dilatih rata-rata lulusan SLTA/ se derajat, karena ini sesuai permintaan industri, untuk lulusan SMP tidak bisa, karena akan kesulitan di akhir penempatan, itu kendalanya, katanya.

Peserta tak dipungut biaya (gratis) dengan fasilitas mendapat kaos olahraga, baju praktek, pelatihan, makan siang, uang saku, mendapat  sertifikat.

Satu kelasnya berjumlah 16 orang peserta, dilatih selama 1,5 bulan, 30 kali pertemuan atau 240 jam  pelatihan, 70% praktek dan 30 % teori.

Prosesnya melalui pembinaan fisik mental disiplin satu hari, kemudian pembinaan untuk mental dari BP SDM (istilahnya out bond) satu hari.

Pihaknya dalam hal penempatan kerja melayani industri di Banten ataupun luar Banten. Namun lagi-lagi harus sesuai kurikulum kebutuhan industri yang dari awal pelatihannya Link and Match kebutuhan pasar kerja.

Kebanyakan juga perusahaan ini menyeleksi calon pekerja di tempat (UPTD Ini), dengan fasilitasi pihaknya yang sesuai SDM dan kebutuhan.

Kemudian untuk mengurangi angka pengangguran yakni kerjasama UPTD Latihan Kerja Banten dengan Industri melalui Forum Komunikasi Identifikasi Kebutuhan Tenaga Kerja Industri, dan MOU dengan beberapa perusahaan.(sugeng)

News Feed