oleh

Tekan Wabah DBD, Dinkes Tangsel Optimalkan Pokjanal Kecamatan

-Megapolitan-288 views

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Dalam rangka antisipasi wabah penyakit DBD, pihak Dinas Kesehatan Kota Tangsel membentuk Kelompok Kerja Fungsional (Pokjanal) di setiap kecamatan.

“Tahun ini kita akan bentuk Pokjanal di setiap kecamatan, kalau tahun kemarin kan hanya di Kecamatan Pamulang saja, dan penanggung jawabnya adalah Camat,” ungkap Deden Deni (Plt) Kepala Dinkes Tangsel, saat kegiatannya di wilayah Setu, kemarin

Dia menceritakan dengan pengalaman di tahun-tahun kemarin cukup banyak terkena wadah DBD yang di sebabkan dari nyamuk Aedes Aegypti.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya Pokjanal ini masyarakat lebih peduli, karena manfaat Pokjanal ini suatu edukasi saat musim pancaroba kali ini DBD bisa lebih ditekan karena kita mengarah ke pencegahannya,”

Cara-caranya dengan mengaktifkan PSN, saling survey, di beberapa kecamatan. Contohnya di wilayah Setu yang paling banyak kasusnya, diawal tahun kemarin sudah di edukasi dan 4 RW disana surveynya sudah bebas jentik, disimpullkannya respon warga sudah baik.

Karena sebagus apapun program kesehatan kalau masyarakat tidak mendukung ya tidak menjadi pengaruh apa-apa,” sebutnya.

Deden mengklaim Pokjanal sangat efektif, seperti Kecamatan Pamulang angka DBD sudah turun 60 %, kan, efektif banget,” pungkasnya.(sugeng)

News Feed