oleh

Terekam CCTV Pencuri Kotak Amal Di kp Gunung Jombang Ciputat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Seorang pria terekam kamera Close Circuid Television (CCTV) sedang menguras uang kotak amal di pintu masuk Masjid Al-Hikmah, Kampung Gunung, RT 01 RW 16, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Pencurian terjadi pada Kamis 23 Desember 2021 sekitar pukul 03.07 WIB. Pelaku datang berjalan kaki sendirian lalu masuk ke pelataran masjid. Dia sempat terlihat memegang anak pintu kaca, lantas pria berambut pirang sebagian itu beralih ke arah kotak amal di sampingnya.

Pelaku nampak mengeluarkan sebuat alat berupa obeng dari dalam kantongnya, lalu mencongkel ke bagian kunci kotak amal. Setelah berhasil dijebol, pelaku mengambil seluruh uang hingga kotak dimiringkan. Selanjutnya dia pergi kabur meninggalkan masjid lewat samping dipemukiman padat penduduk tersebut.

Pencurian itu baru diketahui oleh salah satu pengurus masjid saat shubuh. Kecurigaan muncul lantaran penutup kotak amal tak seperti biasanya dalam posisi terangkat ke atas.

“Jadi waktu itu ngeliat posisi atasnya ke angkat, begitu disamperin ternyata abis dicongkel kuncinya. Baru dilaporin ke pengurus yang lain,” terang Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Hikmah, Hasan Basri, Jumat (24/12/2021).

Belum diketahui berapa jumlah uang yang dibawa pelaku, yang pasti isi kotak amal baru dibuka dan dihitung jika sudah sekitar sebulan lamanya. Kata Hasan, pencurian ini baru pertama kali terjadi sejak masjid selesai dibangun beberapa waktu lalu.

“Ini yang pertama kali, karena ini kan belum lama dibangun,” ungkapnya.

Baik pengurus atau pun warga sekitar tak ada yang mengenali wajah pelaku. Namun kabar terakhir menyebut, pelaku diketahui tinggal mengontrak di salah satu wilayah dalam kecamatan yang sama.

“Nggak ada yang ngenalin,” ucapnya.

Pencurian itu belum dilaporkan ke polisi. Pengurus DKM beralasan ingin mengetahui lebih dulu apa motif pelaku mencuri. Jika karena tekanan ekonomi guna membeli kebutuhan pokok, maka pengurus masjid memaafkan dan siap membimbingnya kembali ke jalan yang benar. (sg/bli)

News Feed