oleh

TIM PMPP TNI SOSIALISASIKAN MISI PERDAMAIAN DUNIA TNI KEPADA TARUNA AKMIL

-Nasional-615 views

Bisnis Metro, MAGELANG – – Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI dalam rangka mensosialisasikan Peran TNI dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia (OPPD) ke jajaran Lembaga Pendidikan (Lemdik) TNI, mengirimkan tim sosialisasi pembekalan yang dipimpin oleh Direktur Pembinaan Perencanaan dan Operasi (Dirbinrenops) PMPP TNI, Kolonel Czi Winarno beserta 4 staf PMPP TNI guna memberikan bekal pengetahuan OPPD kepada 514 orang Taruna Tk. II dan III Akademi Militer di Gedung Lily Rochli, Komplek Kesatrian Akmil, Magelang (23/11).

Sebelum melaksanakan pembekalan, Tim PMPP TNI terlebih dahulu diterima secara resmi oleh Danmentar Akmil Kolonel Inf Ari Yulianto yang didampingi oleh Wadanmentar serta Para Danyontar di Mako Resimen Taruna.

Dalam kegiatan pembekalan yang juga dihadiri oleh para pejabat Resimen Taruna serta Staf Dirbindik Akmil, Tim PMPP TNI mengulas secara terperinci tentang konsepsi strategis pelibatan TNI dalam OPPD. Metode pembekalan yang dibuka dengan pemutaran video profil PMPP TNI ini dilaksanakan untuk memperkenalkan konsep OPPD secara lebih dini kepada para Taruna Akmil sebagai calon pimpinan TNI AD di masa yang akan datang.

Untuk mengawali pembekalan yang diberikan, Dirbinrenops PMPP TNI selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa agenda pembekalan atau sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan bentuk implementasi dari upaya PMPP TNI dalam rangka memperkenalkan tentang pelibatan serta peran TNI dalam OPPD kepada generasi muda TNI.

Kegiatan ini juga diinisasi mengingat belum adanya materi khusus dalam kurikulum pendidikan Taruna Akmil yang mengantarkan terbentuknya pemahaman tentang pelibatan serta peran TNI di dalam OPPD.

Secara garis besar materi yang disampaikan di dalam pembekalan meliputi lintasan sejarah sebagai referensi serta latar belakang pelibatan peacekeepers TNI, perkembangan lingkungan strategis dan transformasi spektrum OPPD, berbagai tantangan yang dihadapi, startegi keberhasilan TNI dan agenda kerja sama internasional sebagai implementasi diplomasi militer TNI.

Sumber: Humad PMPP

News Feed