oleh

TMMD Ke-113 Kodim 0203/Langkat Akselerasikan Perbaikan Ekonomi Warga Pelosok Desa

-TNI Polri-76 Dilihat

Langkat – Wajah-wajah sumringah penduduk desa jelas terlihat di antara puluhan Prajurit TNI-Polri. Mereka pun tetap setia dan penuh antusias mendampingi pengerjaan sarana-prasarana infrastruktur pedesaan, meski setiap hari harus didera teriuknya sinar mentari dan terkadang diguyur hujan, Potret ini tergambar nyata di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 TA 2022 yang kini tengah dikerjakan Satgas TMMD Korem 022/Pantai Timur di wilayah Kodim 0203/Langkat.

Melalui tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, Korem 022/Pantai Timur terus berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, terutama yang hidupnya di kawasan terpinggir, terpelosok dan terbelakang (3T), Seperti pelaksanaan TMMD ke-113 TA 2022 di wilayah Kodim 0203/Langkat di Desa Lama Baru Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, misalnya.

Melalui kegiatan Bakti TNI pada pelaksanaan TMMD ke-113 ini, Satgas Kodim 0203/Langkat bersama Pemerintah Kabupaten Langkat mengerjakan pembukaan dan pembuatan badan jalan sepanjang 3 Km dengan lebar 5 meter yang menghubungkan Dusun V menuju Dusun VI serta penyiraman Sirtu di Dusun V Desa Lama baru Kecamatan Sei Lepan, Perehaban rumah ibadah 2 Unit ( Gereja dan Masjid ), Rehab Madrasah serta Pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 Unit. Selain sasaran fisik di atas, Satgas Kodim 0203/Langkat juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan. Di antaranya tentang bela negara, wawasan kebangsaan, Kamtibmas, hukum, bahaya narkoba, pertanian, peternakan, Mitigasi Bencana alam, Pelayanan KB dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan stunting serta penanganan pandemi Covid-19.

Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf. Luqman Arief, S.I.P yang juga selaku PKP ( Penanggungjawab Keberhasilan Pekerjaan ) saat ditemui awak media di lokasi TMMD ke-113 di wilayah Kodim 0203/Langkat menyampaikan bahwa Pelaksanaan TMMD ini merupakan wujud kepedulian TNI membantu Pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah dan ini sesuai dengan amanah Undang undang TNI NO 34 Tahun 2004 serta selaras dengan salah satu dari 8 wajib TNI yaitu “Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”. TMMD ini juga bertujuan untuk meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, karena kita ketahui bersama bahwa TNI berasal dari Rakyat, berjuang untuk Rakyat dan akan kembali ke Rakyat dan kita memiliki Slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat” pungkasnya.

Plt. Bupati Langkat, H. Syah Afandin, S.H. yang ditemui di kediamannya di Kota Stabat beberapa waktu lalu menjelaskan, program TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini sangat berguna bagi masyarakatnya, terutama yang hidup di wilayah terpencil. “Seperti jalan sepanjang 3 Km dengan lebar 5 meter yang menghubungkan Dusun V dan Dusun VI Desa Lama baru yang kini sudah selesai dikerjakan, keberadaannya jelas sangat membantu bagi masyarakat di dua Dusun yang sehari-hari mata pencahariannya bertani,” ucapnya.

Bagaimana tidak, dengan dibuka jalan ini, para petani di desa ini tidak saja semakin mudah mengakses menuju ladangnya, tetapi juga tidak lagi harus bersusah payah menapak jalan setapak dengan medan berbukit untuk memanggul hasil pertaniannya menuju ke jalan besar yang menghubungkan ke sentra ekonomi di Kota Stabat, ibukota Kabupaten Langkat. Para petani di desa itu juga sudah bisa menjangkau hingga ke tepi ladangnya dengan kendaraan. Bahkan, mereka juga sudah mulai membuka lahan perladangan baru untuk ditanami komoditas unggulan daerah, seperti jagung, sawit, Karet dan lainnya.

Disini, Plt.Bupati Langkat, H. Syah Afandin, S.H. pun mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini. Asa warga masyarakat di desa Lama baru akan sebuah akses jalan pertanian, kini telah dijawab melalui kegiatan Bakti TNI ini. “Dari sisi aspek sosial, TMMD Kodim 0203/Langkat ini telah membangkitkan asa masyarakat untuk perbaikan kualitas ekonomi. Karena TMMD ini memberikan kemudahan warga mengakses jalan ke ladang, sehingga hal ini secara berkelanjutan akan ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri, termasuk menurunkan kesenjangan sosial dan tingkat kriminal,” urai Bupati.

Begitu juga dengan kegiatan sasaran non fisik. Plt.Bupati Langkat, H. Syah Afandin, S.H. pun optimis, bahwa rangkaian kegiatan penyuluhan yang dihelat juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan Langit Biru di wilayah (bebas Karhutla), meningkatkan derajat kesehatan, serta berkurangnya angka kriminalitas. “Sejatinya, program TMMD yang merupakan implementasi dari salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, hadir di tengah masyarakat guna mengakselerasikan pembangunan, terutama perluasan lahan pertanian di wilayah Langkat ini,” pungkas Afandin.

Senada dengan Plt Bupati, Camat Sei Lepan, M. Iqbal Ramadhan, S.E, juga menyampaikan kegembirannya atas terlaksananya TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini, menurut Iqbal, pembukaan jalan sepanjang 3 Km dengan lebar 5 meter ini telah membuka kesempatan luas bagi warga desa untuk meningkatkan pendapatan dari hasil perkebunannya. “Lihatlah, sudah banyak lahan perladangan baru yang dibuka di sepanjang jalan 3 Km ini. Padahal sebelumnya, jangankan untuk berladang, mendatangi wilayah dua dusun ini saja warga masih enggan, karena selain lokasinya jauh dari jalan utama, juga tanahnya yang berbukit,” ucap Iqbal Ramadhan.

Kepala Desa Lama Baru, Kursi Ginting yang juga tokoh masyarakat setempat pun ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas TMMD ke-112 Kodim 0203/Langkat. Pasalnya, pembukaan jalan TMMD ini dinilainya telah meningkatkan minat warga untuk bercocok tanam Padi dan Sawit serta karet. Di Kecamatan Sei Lepan sekitarnya, tanaman padi dan Karet serta Sawit sangat populer bagi warga, sehingga sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. ,” ungkapnya.

Potensi tanaman Sawit dan Karet yang menjanjikan, juga diakui Sudarto Gultom selaku tokoh masyarakat bersama Kepala Desa Lama baru. Secara bergantian keduanya menguraikan, prospek tanaman Karet dan Sawit setelah dibukanya jalan TMMD ini semakin menggeliat. “Tak hanya tanaman Karet dan Sawit, saja yang berkembang. Tanaman buah buahan lainnya juga tak ketinggalan. Warga semakin semangat menanamnya, terutama untuk dijadikan penambah pendapatan,” pungkas Sudarto Gultom.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem 022/PT), Mayor Inf S.H.Tanjung menjelaskan, bahwa kegiatan TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini dilaksanakan dengan menggelar kegiatan fisik dan non fisik dengan menggunakan mekanisme dari bawah ke atas “Bottom Up Planning”. Yaitu proses perumusan pembangunan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat desa sampai kabupaten. “Dalam kegiatan TMMD ini, pengerjaan sasaran fisik dan non fisik selalu disinergikan dengan Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya. Tujuannya agar terwujud akselerasi pembangunan yang merata antara perkotaan dengan pedesaan,” jelas Mayor Tanjung dari Media Center Penrem 022/PT di Pematang siantar, kemarin.

Pelaksanaan TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini, juga diakui Mayor Tanjung untuk mengakselerasikan pembangunan di Kabupaten Langkat yang pencapaiannya dilakukan dengan membuka akses jalan baru yang menghubungkan Dusun V dan Dusun VI Desa Lama baru Kecamatan Sei Lepan. “Di samping untuk mempermudah distribusi hasil Kebun serta menggenjot peningkatan luas lahan pertanian, pertimbangan lain dilakukannya pembukaan jalan pada TMMD Kodim 0203/Langkat ini juga sebagai alternatif jalan pendekat serpas Pasukan. Jadi, output dan outcome kegiatan fisik TMMD ini tidak hanya mempertimbangkan aspek sosial masyarakat, tetapi juga aspek pertahanan guna mewujudkan RAK juang yang tangguh,” ungkap Mayor Tanjung.

Pamen TNI AD berpangkat Mayor itu berharap, pengerjaan sasaran fisik pembukaan badan jalan sepanjang 3 Km dengan lebar 5 meter pada TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini bisa dilanjutkan dengan pengerasan yang lebih permanen oleh pemerintah daerah setempat, sehingga tidak saja tercapai pemerataan pembangunan, tetapi juga membuka peluang penambahan PAD (Pendapatan Asli Daerah). “TNI akan selalu siap membantu pemerintah daerah melakukan percepatan pembangunan wilayah. Apakah melalui bakti TNI seperti TMMD, atau kegiatan lainnya dalam program Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” ucapnya.

Saat ini, progres pengerjaan sasaran fisik dan non fisik di TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat sudah mencapai 100 % meskipun terdapat hambatan yang diakibatkan cuaca, namun Kerja keras dibarengi kecerdasan dalam berpikir dan bertindak, senantiasa diterapkan personel Satgas TMMD dalam mensiasati kendala cuaca dan hambatan di lapangan. “Kendala utama di lapangan adalah cuaca kurang bersahabat seperti hujan. Ini tak bisa kita lawan, namun bisa diatasi dengan siasat cara bekerja di samping terus mendorong partisipasi aktif warga untuk ikut bergotong-royong membantu pekerjaan di lapangan. Karena esensi digelarnya program TMMD ini adalah menciptakan Kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai implementasi dari pembinaan Ketahanan Semesta yang menjadi Roh dari sistem pertahanan NKRI,” pungkas Mayor Tanjung.

Penulis Kapenrem 022/Pantai Timur Mayor Inf S.H. Tanjung.