oleh

TNI AD Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa Kodim 0729/Bantul

-TNI Polri-509 Dilihat

Bantul – Untuk mengetahui kepuasan publik terhadap pembinaan teritorial TNI AD dan hasil kinerja para Babinsa, Staf Teritorial Angkatan Darat (STERAD) mengadakan survey terhadap kinerja Babinsa di Wilayah Kodim 0729/Bantul. Kamis, (21/07/2022)

Kedatangan Tim Survei Sterad disambut langsung oleh Mayor Arm Mespan mewakili Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Arif Hermad S. I. P. beserta Pasiter Kodim.

Kegiatan survey dilakukan dengan metode sampel di Gedung Darmawangsa dengan cara mengisi ceklis yang berisi tentang pertanyaan terkait tugas-tugas Babinsa dengan mengambil 50 orang sampel dalam satuan dari unsur Danramil, Bati Tuud serta para Babinsa sendiri.

Selain pengambilan sampel survey dari dalam satuan, sampel dari luar satuan juga dilakukan yang terdiri dari 50 orang dari unsur Instansi, LSM, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan dari unsur masyarakat lainnya yang ada diwilayah kabupaten Bantul agar hasil survey lebih obyektif.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Tim Letkol Inf Yusuf Dody Sandra mengatakan bahwa Maksud dan Tujuan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa yaitu untuk mengukur indikator kinerja Babinsa di satuan pelaksana khususnya dalam penyelengaraan Program Dukungan Operasional Kegiatan Babinsa serta menjamin optimalisasi pencapaian sasaran secara efektif, efisien dan ekonomis.

Babinsa sebagai ujung tombak dalam melaksanakan kemampuan komunikasi sosial, bakti TNI dan pembinaan ketahanan wilayah serta pembinaan perlawanan wilayah guna mendukung fungsi utama TNI AD diperlukan pengukuran kinerja secara langsung secara random sampling ke masyarakat sehingga dapat mengoptimalkan pencapaian Akuntabilitas Kinerja TNI AD khususnya Babinsa sebagai aparat teritorial. Dengan demikian diperlukan survei kinerja Babinsa yang dinilai langsung oleh masyarakat yang terdapat di wilayah binaannya

Lebih lanjut Letkol Yusuf menuturkan bahwa sasaran kegiatan survei, sebagai tolok ukur peran aktif Babinsa dalam melaksanakan Binter di wilayahnya, Kompetensi peran Babinsa dalam penanganan permasalahan yang terjadi di wilayah binaannya. pemberdayaan Babinsa di tengah masyarakat dalam mendeteksi, mengidentifikasi, dan mencegah aksi radikalisme yang tercemin dalam gerakan terorisme, ekstrimisme dan fundamentalisme, serta keterlibatan Babinsa dalam membantu program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi pada saat pendemi.

Adapun rangkaian kegiatan survei yaitu Sosialisasi tentang pengisian checklist baik secara manual dan online, pengisian check list survei, pengecekan administrasi kegiatan Babinsa dan penghitungan hasil survei