oleh

TNI AL dan Royal Navy latihan bersama, perkuat hubungan

-TNI Polri-61 Dilihat

Bisnismetro.id, LAUT JAWA –  Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisiepo – 368 dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II TNI AL, melaksanakan Passing Exercise (PASSEX) dengan kapal perang Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) HMS Tamar P – 233, di Perairan Laut Jawa, Selasa (24/5).

Passing Exercise merupakan latihan yang dilakukan antara dua Angkatan Laut ketika kapal perang salah satu negara melewati wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerjasama antara dua Angkatan Laut untuk melaksanakan latihan diantaranya komunikasi dan pembekalan di laut.

Komandan KRI Frans Kaisiepo – 368 Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh mengungkapkan bila Passex bersama salah satu kapal perang Kerajaan Inggris ini merupakan perintah dari Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, terkait implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi, yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi. Latihan bersama ini juga memperkuat kerja sama serta hubungan baik antara kedua Angkatan Laut dan personel masing-masing negara.

Dalam latihan Passex antar kapal perang dua negara, keduanya melaksanakan materi latihan Commcheck, Surfex 316/Tactical Maneuvering,  Miscellaneous Exercise 805/Mailbag Transfer dan Navkomex 207/Flag Hoist – Flashex.

Untuk skenario latihan, diawali dengan pertemuan antara kedua kapal perang pada titik RV yang disepakati, selanjutnya KRI FKO – 368 membuka komunikasi kepada HMS Tamar P – 233, yang merupakan prosedur tetap untuk dilaksanakan ketika berpapasan dengan kapal perang asing. Dalam komunikasi tersebut, KRI FKO – 368 memberikan informasi tentang hak dan kedudukan lintas damai oleh kapal perang asing di laut teritorial dan perairan antar kepulauan, sesuai protap TNI AL, hukum serta konvensi internasional (UNCLOS 1982 dan CUES).

Setelah komunikasi ditanggapi dengan baik oleh HMS Tamar P – 233, kedua kapal perang selanjutnya melaksanakan Latihan Replenishment At Sea Mail Bag Transfer atau pembekalan di laut dalam kondisi kapal sedang bergerak, KRI FKO – 368 sebagai kapal pemberi dan HMS Tamar P – 233 sebagai kapal penerima, dengan kecepatan 10 knots.

Latihan berlanjut dengan latihan manuver taktis yang secara bergantian KRI FKO – 368 dan HMS Tamar P – 233 menjadi guide berbagai formasi. Sukses melakukan serial manuver taktis, KRI FKO – 368 mengirimkan berita dengan menggunakan isyarat lampu (Flashex) kepada HMS Tamar P – 233 serta serial Latihan Publikasi Taktis (NAVCOMEX 207).

Dan bagian akhir dari Latihan Passex antara TNI AL bersama Royal Navy melaksanakan Farewell pass, lalu diakhiri dengan Farewell speech dari Komandan KRI FKO-368 dan Komandan HMS Tamar P – 233. (***)