oleh

TNI AL Evakuasi KM, Glory Mary Kandas, 219 Penumpang Berhasil Diselamatkan

Bisnismetro.id, MANADO — TNI Angkatan Laut (TNI AL) membantu evakuasi serta berhasil menyelamatkan 202 penumpang dan 17 anak buah kapal Kapal Motor (KM) Glory Mary yang kandas saat berlayar dari Manado menuju Kepulauan Talaud (Lirung, Melonguane, Beo). Selasa (23/08) kemarin.

Kecelakaan kapal tersebut terjadi pada koordinat 3°54`548 Lintang Utara dan 126° 43` 355 Bujur Timur di sekitar Perairan Moronge atau Pulau Salibabu Kabupaten Kepulauan Talaud. Musibah KM. Glory Mari terjadi karena cuaca buruk, hujan dan kabut sehingga visualisasi ke darat terganggu yang membuat kapal tidak bisa dikendalikan dan mengakibatkan kandas.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane setelah menerima informasi adanya kecelakaan kapal, segera melakukan Search and Rescue (SAR) dengan menurunkan sea rider dan tim kesehatan menuju ke lokasi kecelakaan. Setelah tim SAR TNI AL Lanal Melonguane berhasil menjangkau posisi KM. Glory Mary, Tim SAR Lanal Melonguane dengan dibantu TNI/Polri dan masyarakat setempat melakukan evakuasi para penumpang menggunakan speed boat menuju ke daratan.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka dalam keterangan persnya menyampaikan, “Lantamal VIII Manado dan seluruh Lanal jajaran kami, selalu siap sedia memberikan bantuan SAR kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan, utamanya bila terjadi kecelakaan laut di wilayah kerja Lantamal VIII,” tegas Laksma Nouldy.

Danlantamal VIII mengharapkan kepada semua pengguna laut agar sebelum melakukan pelayaran selalu memperhatikan keadaan cuaca dan peralatan navigasi serta kesiapan peralatan keselamatan yang berada di kapal untuk menghindari terjadinya situasi kedaruratan atau bahkan kecelakaan laut.

Bantuan yang diberikan oleh Lanal Melonguane ini merupakan bentuk aksi nyata prajurit TNI AL yang selaras dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu dimanapun TNI AL berada harus memberikan manfaat kepada rakyat dan cepat tanggap terhadap permasalahan serta kesulitan rakyat. (***)