oleh

TNI AL Evakuasi Warga Amerika Serikat ABK MSV. Ocean Intervention

-TNI Polri-47 Dilihat

Bisnismetro.id, LAUT JAWA – TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Hiu-634 berhasil melaksanakan evakuasi terhadap satu orang warga Amerika Serikat atas nama Dipens Wade Donald usia 46 tahun yang mengalami sakit. Dirinya merupakan Engineering Officer MSV. Ocean Intervention di Laut Jawa.

Proses evakuasi ini diawali dari perintah langsung Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., yang mendapatkan informasi mengenai permintaan evakuasi crew MSV. Ocean Intervention. Selanjutnya pada Rabu (27/7) pukul 21.30 WIB, KRI HIU-634 bertolak dari Dermaga Koarmada II menuju posisi MSV. Ocean Intervention di buoy No.1 Laut Jawa jarak 5 NM.

Setiba diposisi MSV. Ocean Intervention, prajurit TNI AL awak KRI Hiu-634 segera melaksanakan evakuasi dan bergerak menuju dermaga umum Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kemudian Dipens Wade Donald dibawa dan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Rumkit TNI AL dr. Oepomo Lantamal V Surabaya.

Setelah dinyatakan dalam kondisi sehat, Komandan KRI Hiu-634 Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan menyerahkan Dipens Wade Donald kepada Kepala Cabang PT. Berkah Tata Baruna, Gatot Irawanto sebagai agen untuk kepengurusan administrasi hingga terbang kembali ke Amerika Serikat yang juga disaksikan pihak Imigrasi Tanjung Perak, dan pihak KSOP Tanjung Perak. Sementara itu MSV. Ocean Intervention melaksanakan lego jangkar, menunggu perkembangan untuk izin merapat di dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Aksi evakuasi terhadap warga Amerika Serikat ini tidak terlepas dari penekanan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yang dalam berbagai kesempatan memerintahkan kepada jajaran TNI AL untuk cepat tanggap dan peka terhadap situasi dan permasalahan yang terjadi disekelilingnya serta tidak ragu dalam mengambil keputusan sesuai aturan yang berlaku.(***)