oleh

TNI AL Mendorong Mahasiswa STTAL Inovatif dalam mendukung kemandirian Teknologi Alutsista Angkatan Laut.

-Pendidikan-49 views

Bisnis Metro, Jakarta, 18 Januari 2021,—- “Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sebagai pusat unggulan riset teknologi Alutsista keangkatanlautan, harus mampu memicu dan memacu para dosen dan mahasiswa dalam berinovasi melalui penelitian, pengembangan dan perekayasaan (Litbangyasa) sehingga diharapkan nantinya dapat mendukung tercapainya kemandirian teknologi alutsista TNI Angkatan Laut.”.

Penekanan tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., saat memimpin upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda 58 prajurit TNI AL di STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Senin, (18/1).

Para alumni STTAL harus memiliki kecerdasan yang tinggi, memiliki karakter kepemimpinan transformasional yang berkualitas, bermoral, beretika, bekerja keras, jujur, rendah hati serta selalu perhatian pada hal-hal yang terbaik, futuristik, inspiratif, inisiatif dan inovatif, tambahnya.

Menurut Kasal seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa revolusi industri 4.0., maka teknologi pertahanan khususnya teknologi keangkatanlautan juga akan turut berkembang dengan sangat pesat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai inovasi teknologi baru yang selalu ditandai dengan hadirnya big data, internet of things dan artificial intelligence.

STTAL Tahun 2021 meluluskan sebanyak 58 Mahasiswa berwawasan teknologi yang terdiri dari 18 wisudawan S-2 Asro Angkatan VI, Program D-III Angkatan XIII terdiri dari 9 wisudawan Prodi Teknik Mesin, 8 wisudawan Prodi Teknik Elektronika, dan 11 wisudawan Prodi Teknik Informatika serta 12 wisudawan Prodi Hidro Oseanografi.

Dalam kesempatan ini terpilih sebagai mahasiswa terbaik atau Vidya Adhiguna yaitu Mayor Laut (P) Tunang Arimbo dari Prodi S2 Asro Angkatan VI dengan IPK 3.53, Serma Mes Hermawan Tri Prasetya dari Prodi Teknik Mesin dengan IPK 3.39, Sertu Ede Juan Syah Putra dari Prodi Teknik Elektronika IPK 3.51, Serma Ede Andri Kusuma Irianto dari Prodi Teknik Informatika dengan IPK 3.80, dan Sertu Ttu Febry Bintanio Wibisono dari Prodi Hidro Oseanografi dengan IPK 3.45.

Selesai pelaksanaan prosesi wisuda, Wakasal didampingi Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., dan pejabat TNI AL lainnya meninjau produk-produk karya wisudawan STTAL, diantaranya: Rancang Bangun Cone Explosive Sebagai Senjata Tempur Dasar Laut dengan Sistem Firing Device berbasis Microcontroller Arduino dan Lora, Rancang Bangun Prototype Unmanned Grenade Tamer dengan Kendali Wireless, Rancang Bangun Drone Dua Media, Rancang Bangun UAV Solar Cell, Rancang Bangun Observer Vertical Take Off And Landing (VTOL) Drone, Seabin 13 dan Rancang Bangun Controllable Riding Bouy.

(Dispenal)

News Feed