oleh

TNI AL Selenggarakan Kursus B1 Demi Dapatkan Instruktur Selam Handal

-TNI Polri-91 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dalam rangka mendapatkan calon-calon instruktur selam yang handal guna mendukung pelaksanaan tugas, Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) menyelenggarakan Kursus Instruktur Selam BI POSSI XXX dan Oxygen Administrator ke-III tahun 2022 pada Jumat (01/06), bertempat di Dispotmaral, Sunter, Jakarta Utara.

Penyelenggaraan Kursus yang dibuka oleh Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksma TNI Suradi ini dinilai sangat penting dikarenakan masih minimnya para instruktur penyelam TNI AL. Oleh karena itu dengan adanya kursus ini diharapkan nantinya akan didapatkan instruktur-instruktur selam yang handal guna mendukung pelaksanaan tugas TNI AL.

Kursus yang dimulai tanggal 1 – 8 Juli 2022 ini, diikuti oleh 10 personel TNI AL dari Spotmar Kasal, Dispotmaral, Dislambair Koarmada I, Dislambair Koarmada III, Yon Taifib I, Kodiklatal, Lanal Denpasar dan Fasharkan Manokwari, serta didukung oleh 2 narasumber dan 7 Instruktur dari Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) yang akan memberikan pembekalan dan pelatihan.

Kadispotmaral mengatakan bahwa kursus ini tidak hanya bermanfaat untuk mendapatkan calon-calon instruktur selam tetapi juga sebagai sarana mencari solusi dalam memecahkan permasalahan dilapangan. “Kursus ini dapat menjadi wadah dalam menampung aspirasi dan inspirasi serta mencari solusi guna memecahkan berbagai permasalahan yang selama ini ditemukan di lapangan, khususnya terkait aspek pembinaan potensi dan selam, sehingga dapat menyampaikan berbagai masukan bagi TNI AL, guna memanfaatkan dan memberdayakan segenap potensi maritim yang dimiliki oleh bangsa tercinta ini,” jelas Kadispotmaral.

Kadispotmaral menekankan kepada peserta kursus agar memanfaatkan kursus ini dengan sebaik-baiknya sehingga akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kemampuan TNI AL dalam penyelenggaraan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, dalam hal ini adalah pemberdayaan potensi kemampuan selam masyarakat maritim.

Kegiatan kursus instruktur selam ini merupakan wujud nyata pelaksanaan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional.(***)