oleh

TNI AL Terus Berburu Bibit Atlet Olahraga Air, Dalam Program Sailing Camp Di Pontianak 

-Olahraga-296 Dilihat

Bisnismetro.id, PONTIANAK – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melalui Surat Telegram kepada Jajaran TNI AL telah memerintahkan Satuan Komando Wilayah (Satkowil) untuk melaksanakan pembinaan Olahraga Air dan mendapatkan bibit atlet daerah yang potensial.

Prioritas Kasal Laksmana TNI Yudo Margono dalam pembangunan sumber daya manusia maritim salah satunya dengan Memasyarakatkan olah raga perairan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksma TNI Suradi menginisiasi secara nyata melalui pembinaan Olahraga Air  kepada generasi muda (Organisasi Kepemudaan , Pramuka Saka Bahari dan pelajar) melalui program Sailing Camp TNI AL.

Sailing Camp kali ini digelar selama 3 hari dari tanggal 29 s.d. 31 Mei 2022 dengan mengambil lokasi di Kolam Renang Jeruju dan Water Front City Pontianak yang merupakan wilayah kerja Lantamal XII Pontianak. Kegiatan Sailing Camp yang diikuti  62 peserta dari anggota Pramuka Saka Bahari/pelajar/Karang Taruna ini, diisi materi pengenalan dan pelatihan olahraga dayung, selam dan layar yang diajarkan oleh 6 pelatih dari Dispotmaral dan Lantamal XII.

Kegiatan yang mengambil tema “Dengan Sailing Camp Mari Bersama Kita Wujudkan SDM Pemuda/Pramuka Saka Bahari Agar Menjadi Generasi yang Tangguh dan Memiliki Cinta Bahari yang Tinggi” ini, pada minggu yang lalu juga telah dilaksanakan di Tanjung Pasir, Tangerang Banten.

Dalam berbagai kesempatan Kasal Laksamana Yudo Margono menekankan kepada seluruh personel Angkatan Laut dimanapun berada harus memberi manfaat bagi rakyat.

Kadispotmaral saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa penyelenggaraan pengenalan dan pelatihan Olahraga Air kepada generasi muda melalui Program Sailing Camp adalah dalam rangka menjalankan salah satu fungsi Dispotmaral sebagai pembina potensi maritim TNI AL.

“Supaya generasi muda mengenal dan mencintai kegiatan kebaharian yang pada ujungnya nanti peduli dengan lingkungan kemaritiman dan dapat memajukan kemaritiman kita sesuai dengan yang dicanangkan oleh pemerintah dengan poros maritim dunia-nya. Selain itu juga pengenalan dan pelatihan ini sekaligus juga mencari bakat-bakat atlet Olahraga Air,” ungkap Laksma Suradi.

Sementara itu Kolonel Budi yang memimpin kegiatan Sailing Camp menyampaikan kegiatan serupa sudah diwacanakan untuk dilaksanakan di tempat lainnya di Satkowil Jajaran TNI AL sebagai upaya untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya bibit atlet Olahraga Air. (***)