oleh

TNI AU Gelar Pelatihan Bidang Kesehatan Bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji

-TNI Polri-113 Dilihat

Bienismetro.id, JAKARTA –  TNI Angkatan Udara menyelenggarakan pelatihan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan yang berlangsung di Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) dr. Saryanto, Selasa (10/5/2022).

Pelatihan berupa pembinaan kompetensi bagi PPIH, dibuka secara resmi oleh Kepala Lakespra dr. Saryanto, Marsma TNI dr. Swasono R., Sp. THT-KL, M. Kes, yang diikuti 102 peserta dari berbagai tenaga kesehatan yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

Pada pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari, para peserta dibekali ilmu kesehatan penerbangan, jiwa korsa, dan rencana operasi penyelenggaraan haji.

Dalam sambutannya Kalakespra menyebutkan, pembinaan kopetensi bagi PPIH bertujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian jemaah Haji Indonesia yang pada tahun ini sudah dibuka kembali pasca Pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan ide dari Kapuskes Haji dan menjadi tugas kita bersama dalam mendukung kesiapan PPIH. Hal ini tentunya juga menunjang citra positif Indonesia di mata dunia internasional,” ujar Kalakespra.

Kalakespra berharap, seluruh peserta memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu melaksanakan tugasnya di Arab Saudi.

“Laksanakan momentum pembinaan ini dengan sungguh-sungguh dan manfaatkan teori dan praktik saat pelatihan sebagai bahan diskusi agar menjadi jelas dan implementatif,” harap Kalakespra.

Turut hadir saat pembukaan, Sekjen Kemenkes RI, Kapuskes Haji Kemenkes RI, Kalakesgilut, Ka RSAU dr. Esnawan Antariksa, para pejabat Lakespra dr. Saryanto, serta sejumlah pejabat dari Puskes Haji Kemenkes RI lainnya.(***)