oleh

TPA Cipeucang Kota Tangsel Mulai Keruk Sampah Berjatuhan Ke Sungai Cisadane

-Megapolitan-194 views

Bisnis Metro.id,TANGERANG SELATAN- Pimpinan Pemkot Tangsel sehari pasca kejadian longsor sampah TPA Cipeucang ke aliran Sungai Cisadane pada hari Jumat 22 Mei 2020, menyebut akan mendapat bantuan 6 alat berat untuk mengeruk sampahnya.

“Makanya sekarang dibutuhkan alat berat, mudah-mudahan cukup untuk melakukan.pengerukan itu dulu,” ungkap Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, di Kantor UPT Cipeucang, usai menerima kunjungan dari Kementerian PUPR, Sabtu (23/5/2020).

Ben mengatakan hal ini akan dibantu Cipta Karya untuk menahan sampah pakai bronjong. Dan berkoordinasi juga dengan pihak Pintu Air di Katulampa Bogor

Program perencanaan mendirikan PLTSa (Pusat Listrik Tenaga Sampah) oleh Pemkot Tangsel di ucapkan dia, manakala menjawab kedepannya, apakah TPA Cipeucang ini tetap bakal di tembok ataukah mau pindah lokasinya pasca longsornya landfill hingga tembok beton pembatas (sheet fill) terdorong dan sampahnya berton-ton berjatuhan ke Sungai Cisadane.

“Itu kan nanti akan dibangun PLTSa, dan sekarang sudah dalam tahap Finaly Busines Cash. Jika nantinya selesai dibangun, dengan investasi yang besar, jadi ngga perlu kayak gitu lagi, semuamya akan dibakar,” katanya..

Pihak Pemkot Tangsel juga sudah berkoordinasi dengan PDAM dalam penelitian kandungan pencemaran air, dan telah mendapat bantuan Bupati Tangerang berupa cairan disinfektan untuk menyemprot yang di aliran Cisadane.

Diakui Benyamin, pembangunan Sheet fill TPA Cipeucang menelan APBD Tangsel dengan total pagu proyek 25 Milyar rupiah baru saja selesai akhir tahun 2019 lalu yang dikerjakan pemenang kontraktor asal Aceh.

Belum genapnya 6 bulan pemeliharaan, ia menyebut uang anggaran 5 persennya masih dikantong APBD Tangsel

“Itu belum bisa dicairkan kalau belum lewat masa waktu 6 bulan. Ya sekarang ini makanya kita pakai anggaran itu buat kontraktornya untuk perbaikan,” imbuhnya. (sugeng)

News Feed