oleh

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61, di hadiri Pejabat Kodam VI/Mlw dan Korem 091/ASN

SAMARINDA.bisnismetro.id – Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 tingkat Kwartir Daerah Kalimantan Timur dengan Tema “Pramuka Mengabdi Tanpa Batas”, bertempat di Lapangan Parkir Komp. Stadion Kadrie Oening, Jl. Wahid Hasyim, RT 12 Kel. Sempaja Selatan, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kaltim Senin (12/9/2022).

Acara tersebut dihadiri pejabat Kodam VI/Mulawarman dan Korem 091/ASN Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, S.I.P, Dandim 0901/Samarinda, Letkol Arm Novi Herdian,SH.MM dan Danden Kes Letkol Ckm Suwandi.

Upacara dirangkai dengan Penyerahan Penghargaan Lencana Melati dari Kwartir Nasional, Penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas serta Penghargaan Pancawarsa dari  Kwartir Daerah yang diserakan langsung Gubernur Kaltim.

Sambutan  Gubernur Prov. Kaltim, Dr. H. Isran Noor, M.Si mengatakan pada tanggal 14 Agustus 2022 yang lalu, semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang dicintai genap berusia 61 tahun.

“Tahun ini pula sekaligus kita memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka,”ucapnya

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

“Percayalah, apa yang kakak-kakak dan adik-adik lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kakak dan adik semua, yang semoga menjadi pahala yang dicatat kebaikannya,”terangnya.

Kegiatan diikuti pengurus Mabida, Kwarda Kaltim, anggota pramuka. Serta diakhir Upacara disajikan penampilan tarian nusantara dari SMK Medika Samarinda dan dilanjutkan senam gemu femire.

Sumber : Penrem 091/ASN