oleh

Upaya Kanit Lantas Polsek Cisauk wujudkan Restorativ Justice Polri

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Seorang pria bernama David warga Bekasi mengaku bersyukur dan terharu atas bantuan pelayanan kepolisian Sektor Cisauk Polres Tangerang Selatan.

Dia mengatakan, bahwa permasalahan mobil Daihatsu B 1229 WOH warna putih miliknya yang masih harus mengangsur, bahkan telah mendapat teguran somasi hingga akhirnya rela unit mobil tersebut kini ditarik kembali pihak leasing karena sudah tak sanggup lagi membayar.

“Berawal dari imbas dampak pandemi Covid melanda, kami pun mulai telat mengangsur cicilan bayar mobil. Lalu kami terpikir merentalkan (sewa) ke seseorang bernama Rangga saat Oktober 2020,” ungkap David, dalam momen Problem Solving sekaligus bentuk Restorativ Justice Polri, di Mako Polsek Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (18/8/2021) petang.

Lanjut pria yang logat bahasanya asli Jatim, yakni tanpa sepengetahuan dirinya dan berdasarkan informasi yang masuk ke telinga, atas bantuan Priyono warga Kabupaten Tangerang bahwa diduga Rangga telah menggadaikan mobil miliknya ke orang lain sebesar Rp 36 juta rupiah.

Singkat kata, David beberapa hari lalu hendak berkunjung ke rumah saudaranya di wilayah Parung,. Secara tidak sengaja dan nasib mujur, melihat secara langsung mobilnya itu sedang ada di jalan raya, namun telah ditempelin stiker tulisan salah satu sebuah organisasi kemasyarakatan daerah.

“Pada hari itupun Kemudian saya buntuti terus sambil saya photo, ternyata mobil berhenti dan parkir di salah satu rumah di wilayah Cisauk,” tutur pria kelahiran 1968 ini.

Karena merasa awam, David pun berniat laporan ke kantor Polsek Cisauk atas permasalahan mobilnya, ke Unit Lantas.

“Saya ketemu bapak polisi disini (Polsek Cisauk), dan Alhamdulillah langsung dapat respon pelayanan sangat baik Saya juga ceritakan, karena masalah cicilan mobil nunggak berbulan-bulan, saya telah mendapat teguran somasi (fiducia) dari pihak Bank, kan saya jadi takut,” katanya, sembari menyebut, bantuan pelayanan dari Unit Lantas Polsek Cisauk tanpa dikenakan biaya sama sekali.

“Saya ditolong disini sama Bapak Gunawan (Kanit Lantas Polsek Cisauk) tanpa bayaran sepeserpun hingga clear masalah saya,” tegasnya.

Sementara penyampaian Kanit Lantas Polsek Cisauk, IPDA Rahmat Gunawan, adalah tentang niat semata-mata dalam mencari keadilan.

“Karena ini saya dimintai bantuan atas nama, ya mobil ini akan saya serahkan ke atas nama,” terangnya sambil memeragakan tangan ke arah kendaraan putih B 1229 WOH.

Penuturan Gunawan, dikarenakan atas nama mobil ini, tidak bisa melakukan kewajiban (pembayaran kredit), oleh hal itu, musti ada pendampingan.

“Secara teknis, entah itu harus dibayar atau apa itu terserah atas nama. Karena saya hanya berkerja untuk atas nama, adalah atas nama Pak David,” katanya.

Gunawan mengaku tidak ada maksud dan tujuan apa-apa. “Saya hanya merespon keluhan-keluhan masyarakat. Secara spontan, saya cek, ternyata kronologinya seperti itu, ya saya buktikan, bahwa kita berhak menerima laporan masyarakat, baik.itu secara lisan maupun tulisan secara spontan,” tuturnya.

Dibeberkan pula, satu unit B 1229 WOH, sebelum ditemukan pada saat itu, diketahui sedang terparkir di halaman salah satu rumah wilayah Desa Cibogo Cisauk. “Itu rumah salah satu warga kami juga dan mau secara kooperatif. Dan beliau menyerahkan mobilnya juga, karena tahu, bahwa ia hanya dititip oleh saudara Pri, menurut pengakuan warga kami,” urainya.

Gunaean jabarkan pula, untuk berbicara Resporativ Justice kepolisian, sifatnya menyelesaikan masalah tanpa harus ada proses hukum.

“Iya kan rasa keadilan itu terpenuhi. Yang penting, satu, Azas Keadilan terpenuhi, dua Kepastian Hukum, tiga, dan Manfaat, Insya Allah semua masalah akan beres,” tukasnya.

Dalam pantauan, peristiwa yang jarang terjadi itu, terlihat beberapa orang termasuk Priyono namun enggan berkomentar secara resmi kepada wartawan.

Untuk selanjutnya B 1229 WOH tadi, setelah dicek secara seksama oleh satu orang dari Pihak Internal cabang bank BCA, dilanjut membawa mobil keluar Polsek Cisauk menuju leasing. (sg)

News Feed