oleh

Wakasal Melepas Bantuan Peduli TNI AL Untuk Korban Bencana Alam di NTT

Bisnismetro.id, JAKARTA – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakalsal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S E., MM. mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melepas KRI Semarang -594 jajaran Koarmada I dengan mengirimkan bantuan logistik untuk korban bencana alam di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelepasan bantuan kemanusiaan tersebut dilaksanakan di Dermaga JITC II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Kamis (09/04/2021).

Sampai pukul 21.00 wib Rabu malam, TNI AL Peduli dan Jalasenastri Peduli tak tinggal diam dalam memberikan respon cepat terhadap bencana Ini. TNI AL menyiapkan KRI dan menyalurkan bantuan yang saat Ini akan dikirimkan ke daerah terdampak di NTT. Bantuan berupa bahan makanan dari donatur di wilayah Jakarta.

Wakasal mengatakan, Kapal ini akan membawa barang bantuan terdiri dari bahan makanan, beras, minyak goreng, gula pasir, air mineral, mie instan, teh celup, kopi, biscuit, susu bayi, tepung terigu, sarden, selimut, baju layak pakai, popok anak-anak dan orang dewasa, sajadah, obat-obatan, masker, APD, faceshiel dan kelengkapan medis lainnya, terpal, meja belajar anak dan material lainnya.

“Hingga saat ini, sudah ada masuk 24 truk mulai dari tadi malam, Keluarga besar TNI AL 9 truk, yayasan Dewa suci 5 Truk.Dan nantinya mampir di Surabaya dengan mengangkut 25 truk. Untuk secepatnya di salurkan pada bencana,“ kata Wakasal.

Lanjut Wakasal, selain batuan ini juga TNI AL juga mengirim tenaga medisnya Dan personil Kesehatan bagi yang terkena musubah di Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya pada Senin 5 April 2021, KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 dari jajaran Komando Armada II Surabaya, telah berangkatkan ke NTT membawa 81 koli berupa pakaian layak pakai, pakaian bayi, pakaian keperluan wanita, selimut dan keperluan lainnya. Sementara Satu Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) Lantamal VII Kupang sudah berada di lokasi bencana.

KRI Oswald Siahaan — 354 saat ini berada di Maumere, kegiatan yang dilaksanakan mendukung angkut bantuan sosial (Bansos) bencana alam di Propinsi NTT antara lain membawa barang-barang bantuan dari Setmilpres berupa sembako sebanyak 3.572 paket. Bansos dari Koopsau 1 sembako sebanyak 98 kardus, Indomie sebanyak 100 kardus. Bansos Dharma Pertiwi berupa Biskuit 400 box, Kasur Palembang 400, Selimut 400 dan 2 karung., Paket siaga bencana 500
paket., Handuk 200 serta Pakaian layak pakai.

Selain itu, KRI Oswald Siahaan — 354 juga mengangkut personel SAR yang Pasmar 1 sebanyak 22 Personel, Yonmarhanlan VII sebanyak 30 Personel dan akan bertugas yakni Kupang sebanyak 17 personel, Yonkes TNI AU Setmilpres 6 Personel serta 1 orang dokter Relawan.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban penderitaan bagi masyarakat NTT yang tertimpa musibah bencana alam.

(Penulis: Yuni)

 

News Feed