oleh

WAKILI EAHC, INDONESIA KIRIM DELEGASI KE 3rd IHO COUNCIL DI MONACO

Bisnis Metro, Jakarta, 19 Oktober 2019—– Indonesia mengirimkan delegasi untuk menghadiri 3rd IHO Council yang berlangsung di Monte Carlo Monaco, 15 – 17 Oktober 2019.

Delegasi Indonesia terdiri dari Wakapushidrosal Laksamana pertama Dr. Ir Trismadi yang mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, beserta dua perwira menengah Pushidrosal yaitu Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana Pribadi, Kadispeta Pushidrosal dan Letkol Laut (P) Franciscus Asisi Mahendra, Kasubdit kerjasama Pushidrosal.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, menyampaikan bahwa Indonesia dalam hal ini Pushidrosal terpilih secara aklamasi mewakili Regional East Asia Hydrographic commissiom (EAHC) sebagai anggota IHO council pada periode 2017 – 2020. Dalam hal ini, kehadiran Indonesia di forum tersebut mewakili EAHC.

Menurutnya, keanggotaan Pushidrosal sebagai anggota IHO Council ini, selain mendukung kebijakan nasional khususnya dalam aspek peningkatan kapasitas dan kapabilitas khususnya dalam aspek penyelenggaraan kewajiban nasional di bidang hidrografi, juga memberikan manfaat dalam peningkatan kemampuan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional untuk terus memberikan kontribusi kepada pengguna laut selaku penyedia data kelautan berupa Peta Laut Indonesia dan publlikasi maritim lainnya digunakan untuk mendukung serta menjamin keselamatan navigasi dan pelayaran secara umum di perairan Indonesia.

Di sisi lain, dalam turut mewujudkan konektivitas maritim serta mendorong pertumbuhan aktivitas maritim nasional, akan senantiasa berkaitan erat dengan pemahaman mengenai kondisi kelautan terutama melalui hidrografi.

IHO dalam publikasinya menyebut bahwa tanpa adanya dukungan dari kantor hidrografi, tidak ada pelabuhan yang bisa disinggahi, tidak ada kapal laut dapat berlayar secara aman dan tidak ada infrastruktur kawasan pantai yang dapat dikembangkan secara optimal. Pembangunan fasilitas fisik dan keselamatan pelayaran dari aspek navigasi sangat bergantung pada data hidrografi, survei hidrografi untuk mendukung pembangunan pelabuhan serta penyiapan peta laut (paper charts maupun electronic charts) merupakan kegiatan yang kompleks yang memerlukan profesionalisme dari pengawak kantor hidrografi suatu negara.

Pushidrosal terus memberikan kontribusi positif kepada organisasi internasional tersebut yang secara aktif partisipasi di beberapa working group IHO seperti Hydrographic Service and Standards Committee (HSSC), Data Quality WG, S-100 Working Group, ENC WG, Nautical Cartography WG, Hydrographic Dictionary WG dll, selain untuk memberikan masukan teknis juga menunjukan eksistensi lembaga hidrografi nasional di tataran internasional.

Kegiatan Rapat Council merupakan kegiatan tahunan yang dihadiri oleh negara negara yang duduk sebagai council di IHO termasuk Indonesia. Council sendiri merupakan salah satu Organisasi utama pada struktur organisasi IHO, disamping secretariat IHO dan Komite keuangan, saat ini chairman IHO Council dijabat oleh Rear Admiral Shepard M. Smith (USA).

Dalam sambutannya, Chairman IHO Council mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dari para anggota council dalam kegiatan IHO Council – 3 dan mengharapkan masukan dan kontribusi dari peserta yang hadir, selain Chairman IHO Council Sekretaris Jenderal IHO, Dr. Mathias Jones (Jerman) juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta untuk membahas serta menerima masukan hal hal tertentu serta untuk dapat bisa dibawa pada forum yang lebih besar yaitu IHO Assembly yang akan dilaksanakan pada April 2020 di Monaco.

Beberapa materi yang dibahas pada kegiatan IHO council ke-3 antara lain (laporan kemajuan Strategic Planing IHO termasuk usulan konsep amandemen Term of reference (ToR) maupun rules of Procedure (RoP) yang berlaku di IHO, penyediaan layanan Worldwide Electronic Navigation Services (WENS) berbasis S-100, proposal dari uruguat Argentina dan Brazil untuk melaksanakan perubahan peraturan terhadap kedudukan negara negara yang masuk dalam kategori Hydrographic interest yang secara otomatis akan duduk sebagai anggota council, paparan dari beberapa negara yang sudah mulai mengembangkan serta melaksanakan trial terhadap peta ENC berdasarkan standard S-100, rencana dari Singapura untuk membangun pusat teknologi dan Inovasi IHO di Singapura serta beberapa laporan dari beberapa chairman Hydrography survey steering committee (HSSC), Inter regional coordination committee (IRCC) dan Strategic Plan Working group (SPRWG),selain itu juga dibahas rencana perayaan 100 tahun organisasi IHO pada tanggal 21 juni 2021.

Sumber: Pushidrosal

News Feed