1 Juni 2024 Pemkot Tangsel Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Megapolitan146 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Upacara yang digelar di halaman Balaikota Tangerang Selatan tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Benyamin Davnie selaku Inspektur Upacara.

Membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Walikota Tangsel menerangkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dimana tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusifitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Benyamin.

“Saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” imbuhnya.

Dalam upacara yang dihadiri pula Ketua DPRD Tangsel bertugas Pembaca Teks Pancasila, kemudian Kepala Kejaksaan Negeri Tangsel bertugas sebagai Pembaca Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta Danramil Serpong bertugas sebagai Komandan Upacara.

Di akhir amanatnya, Benyamin mengajak untuk jaga kerukunan dan keutuhan NKRI.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.(sg)