WAKASAL HADIRI BALI INTERNATIONAL AIRSHOW 2024, RAJAWALI LAUT FLIGHT TAMPIL MEMUKAU

Bisnismetro.id, BALI — TNI AL dalam hal ini Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) mengerahkan Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) untuk menampilkan aksi terbaiknya menghiasi langit di Bali.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri Pembukaan Pameran Dirgantara Bali International Airshow (BIAS) 2024 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan menyaksikan langsung Tim RaLF mengudara di General Aviation Terminal (GAT), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Rabu (18/09).

Tim RaLF yang terdiri dari lima Pesawat Udara (Pesud) Beechcraft G-36 Bonanza mengudara dengan membentuk berbagai macam manuver dalam formasi yang indah. Selain itu juga pembukaan pameran diawali dengan pergelaran Tari Baronsang dan penampilan Tim Aerobatik Jupiter di langit Bali.

Ratusan perusahaan lokal dan global menghadiri Bali International Airshow, dan pameran ini juga akan menyoroti perkembangan dunia aviasi seperti penggunaan bahan bakar berkelanjutan atau Suistanable Aviation Fuel (SAF).

BIAS tahun 2024 yang mengambil tema “Where Aerospace Excellence Meets Defense Innovation” ini berlangsung mulai tanggal 18 s.d. 21 September 2024 juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Jenderal TNI (Purn) Dr. D. Moeldoko, Kasau Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, Danpuspenerbal Laksamana Muda TNI Sisyani Jaffar, dan Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Endra Kusuma.

Menko Marves dalam sambutannyan yang bertajuk “Coordinating Minister for Maritime Affairs and Investment of the Republic of Indonesia” menyampaikan BIAS 2024 menjadi momentum kebangkitan industri penerbangan Indonesia, kolaborasi global, dan penggunaan bahan bakar berkelanjutan, dimana penyelenggaraan Bali International Airshow 2024 menunjukkan kesiapan Indonesia untuk menyambut kerja sama global di sektor aviasi.

“Yang lebih penting, sebagai negara dengan signifikansi geopolitik yang strategis, ketahanan industri kedirgantaraan akan menentukan kesiapan pertahanan udara kita dalam menjaga kedaulatan nasional kita dan menjaga stabilitas regional,” tandas Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelum tampil di Bali International Air Show 2024, Tim RaLF Puspenerbal unjuk kemampuan di hadapan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL di Perairan Teluk Jakarta pada 10 September 2024 lalu.

Pada kesempatan terpisah, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL dimanapun berada agar tetap menjaga profesionalisme serta menjaga sinergitas baik antar matra maupun instansi terkait guna mencapai tujuan bersama yaitu menjaga kedaulatan NKRI.(RED/BM)***