Babinsa Mendampingi Panen Raya Padi di Wilayah Binaan

TNI Polri24 Dilihat

Teluk Kuantan – Upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan dan mendukung program pemerintah desa terkait ketahanan pangan, Babinsa Koramil 02/ Kuantan Tengah bersama Warga Melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi di lahan sawah milik warga desa Munsalo Kopah Kec. Kuantan Tengah Kab. Kuansing Jum’at (20/09/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh : Agushar Simargolang. S. Kom Staff Pertanian Prop. Riau, Abdus Salim Wibowo. SP. Penyuluh Pertanian UPT P2P Prop. Riau, Yulia Herlina SP. Staf Pertanian Prop. Riau, Friska Namorawati. SP POPT Kec. Kuanteng, Ely Fitia.SP. PPL. Kab. Kuansing, Ketua Pok Tani Buyung Ahmad, Serda Desma Dedi Babinsa, Muhammad Nizam Kades, Gusti Prori Hendra PPL Munsalo, Sabirudin Kadus

Serda Desma Dedi mengatakan kami sebagai Babinsa dituntut selalu hadir di wilayah binaan, salah satunya adalah mendampingi petani dalam bercocok tanam maupun panen.

Hal ini merupakan wujud kepedulian TNI AD khususnya Koramil 02/Kuantan Tengah Kodim 0302/Inhu dalam membantu pemerintah pusat dan daerah umumnya khususnya pemerintahan desa untuk mewujudkan ketahanan pangan dan mensukseskan program Swasembada Pangan.

“Kehadiran Babinsa dilokasi bersama Dinas Pertanian Provinsi Riau dan PPL Kab. Kuansing guna mendukung pemerintahan desa untuk dapat memberikan masukan kepada para petani dalam penanaman padi berikutnya sehingga mendapatkan hasil panen yang melimpah dan memenuhi target sesuai dengan luas sawah,” lanjutnya

Di tempat lain Danramil 02/Kuantan Tengah Kodim 0302/Inhu Kapten Inf J. Sihombing mengatakan bahwa pendampingan yang diberikan oleh Babinsanya bukan hanya sekedar mendampingi dalam hal menanam saja yakni pendampingan dilakukan secara terus menerus, mulai dari masa tanam, perawatan hingga masa panen.

“Hal ini terlihat seperti apa yang dilakukan oleh Babinsa Serda Desma Dedi yang ikut melaksanakan panen raya padi bersama kelompok tani di lokasi,” katanya.

“Kami Koramil 02/KT Kodim 0302/Inhu siap mendukung program swasembada pangan nasional maupun lokal guna meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik di wilayah sesuai dengan kearifan lokal,” pungkasnya.