Babinsa Bantu Petani Membuat Lahan Penyemaian Benih Padi di kampung psncasila

TNI Polri293 Dilihat

Teluk Kuantan– Babinsa Koramil 02/ KT Peltu Syafriantoni petani melaksanakan pembuatan lahan penyemaian benih padi dalam rangka pendampingan Upsus Pajale serta turut menyukseskan Program Swasembada Pangan di wilayah.

Adapun penyiapan lahan penyemaian bibit padi tersebut dilakukan dilahan sawah seluas ½ hektar milik bapak Ankat di Desa Sawah Sabtu 07/1/23.

Plt Syafriantoni mengatakan bahwa persemaian merupakan hal yang penting dalam pertanian, termasuk penyiapan lahan tempat pembibitan tanaman padi. “Beberapa faktor yang meningkatkan pertumbuhan tanaman pada persemaian yang dipersiapkan yaitu penyiapan lahan semai, jenis dan varietas tanaman yang tentu saja harus unggul dan bagus,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam bercocok tanam padi, benih padi yang bagus dan unggul akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit, selain itu pertumbuhannya juga bagus, waktu panen yang lebih singkat serta hasil panen yang optimal,” jelasnya.

Selain melakukan pendampingan penyiapan lahan tempat penyemaian,Plt Syafriantoni dalam kesempatan itu juga mengajak dan menghimbau kepada kelompok tani agar serentak menyiapkan jala untuk mengantisipasi adanya hama padi yang dapat merusak pembibitan padi milik mereka.

Kehadiran Babinsa ditengah-tengah petani tentunya membuat para petani sangat senang. Atas pendampingan yang dilakukan Babinsa tersebut,ankat mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran plt Syafriantoni selaku Babinsa. “Kita senang Babinsa bisa hadir ditengah-tengah kita. Setidaknya dapat terbantu untuk penyiapan lahan tempat penyemaian bibit benih padi,” ungkap bapaj ankat.