Bakamla RI Satukan Kekuatan di Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Nasional136 Dilihat

Bisnismetro,id, JAKARTA – Seluruh personel Bakamla RI melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Upacara dipimpin oleh Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Dafit Santoso, di lapangan apel Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2024).

Rangkaian Upacara terdiri dari pengibaran Sang Saka Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan UUD 1945, serta pembacaan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Yudian Wahyudi oleh Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya menyebutkan, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ujar Inspektur Upacara membacakan amanat tersebut.

Mengakhiri amanat, Inspektur Upacara mengajak seluruh personel Bakamla RI untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila dan memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. (Humas Bakamla RI)***