Bangun Kekuatan Matra Laut, Kepala Staf TNI AL Tinjau Galangan Kapal di Prancis 

Internasional92 Dilihat

Bisnismetro.id, PRANCIS – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja di Prancis pekan kemarin, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali melaksanakan kunjungan kerja ke galangan kapal Naval Group di Lorient. Kunjungan kerja ini dalam rangka terus membangun kekuatan serta modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), sekaligus sebagai bentuk komitmen TNI AL dalam mendukung pembangunan kekuatan matra laut, Prancis,

Di Lorient, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memperoleh penjelasan tentang kapal Frigate Belharra atau FDI, terkait dengan tahapan pembangunan kapal mulai dari tahap desain hingga finishing.

Friget Belharra merupakan kapal perang kelas Frigate terbaru yang telah dipesan oleh Angkatan Laut Perancis dan Yunani, dimana akan beroperasi secara penuh di tahun 2024 ini.

Dalam kesempatan ini Kasal menyampaikan bahwa, kapal friget modern ini bisa menjadi salah satu pilihan Indonesia yang saat ini tengah melaksanakan modernisasi Alutsista, dalam pembangunan kekuatan matra laut.

“Ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi armada, karena mengingat Indonesia adalah negara kepulauan besar yang tentu saja membutuhkan banyak armada kapal perang maupun kapal selam.” Ungkap Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Dalam kunjungan kerjanya di Prancis, Kasal beserta sejumlah delegasi TNI AL juga berkesempatan mengunjungi galangan kapal OCEA di Les Sables d’Olonne. Galangan kapal ini merupakan spesialis dalam pembangunan kapal berbahan aluminium alloy, yang telah bekerja sama dengan TNI AL dalam pembangunan kapal survey hidro-oceanografi TNI AL yaitu KRI Rigel – 933 dan KRI Spica – 934.

Dalam kesempatan ini, Kasal dan sejumlah delegasi TNI AL memperoleh penjelasan tentang kemampuan galangan kapal OCEA untuk membangun kapal dengan ukuran yang lebih besar dan berkemanpuan multi misi. (Red/BM) ***