Bolu Jadoel dan Donat, menjadi Signature Toko Cake ‘Journee Cakery’

Berita Utama, Ekonomi369 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Lagi-lagi, sebuah kisah inspiratif akan menjadi ulasan kita. Kali ini kisah tersebut datang dari Elvira Sanjaya, Pengusaha profesional muda yang sangat berdedikasi dan bersemangat yang telah memiliki segudang pengalaman di dunia pemasaran dan dapur. Saat ini bekerja sebagai pastry chef yang ahli dalam membuat makanan penutup, kue dan makanan panggang lainnya, sekaligus sebagai Founder Journee Cakery.

Elvira menceritakan sejak akhir 2016 Journeé Cakery dimulai perjalanannya tetapi baru aktif dijual ke publik sekitar November 2017. Pertama kali tes food pasti nya kepada keluarga, saudara2 dan teman teman terdekat, hasilnya semua pada suka sama kue buatan Elvira dari sana akhirnya memutuskan untuk membuka Journeé Cakery di tahun 2017.

Lanjut Elvira, asal mula kenapa diberi nama Journeé Cakery, itu karena diambil dalam bahasa Perancis, Journee arti nya hari dan kalau dalam pelafalan bahasa Inggris akan menjadi journey* yang arti nya perjalanan.

“Jadi Journeé Cakery itu menceritakan tentang perjalananku sehari hari nya, dimulai dari pagi hari hingga selesai”, ungkapnya.

Vira menambahkan, sistem penjualan yang dipakai dengan memanfaatkan penjualan online.
“Kami menjual produk kami secara online, jadi tidak ada store fisik nya. Karena dari awal memang kami fokus hanya menerima orderan secara online, via whatsapp atau instagram dan semuanya made-to-order. Jadi kue yang dipesan semuanya fresh dibuat sesuai pesanan”. Jelas founder Journeé Cakery kepada redaksi lewat pesan singkat, Minggu(18/6/2023).

Semua cake yang dijual adalah online cake store yang menjual kue jadul Indonesia seperti kue chiffon, donat jadul dan bolu jadul, dan menerima custom cake order juga.

Elvira mengaku, asal mula memulai bisnis ini karena kecintaannya berada di dapur dari kecil. Lalu berlanjut ketika saat remaja.
“saya ada gap year 1 tahun untuk masuk kuliah. Nah, saya menggunakan 1 tahun itu untuk memasak dan membuat kue secara otodidak, dan hasilnya cukup baik untuk pertama kali”,katanya.

Dari situ saya memulai membeli peralatan2 untuk membuat kue dan membuat resep sendiri yang sekarang saya pakai untuk produk Journeé Cakery

“Sejujurnya, saya tidak memiliki background apapun dalam hal kuliner dan f&b. Saya belajar membuat kue pun secara otodidak, tidak mendapatkan pelajaran skill khusus oleh professional”, tapi karena Passion saya yang besar dalam dunia kuliner ini, dan karena memang saya sudah senang memasak dan membuat kue dari kecil. Saya bisa bilang kitchen is my happiest place”, ungkap vira.

“Saya hanya mempelajari resep dari buku resep, youtube dan internet, lalu saya mencoba beberapa resep dan selanjut nya trial dan error. Kue yang saya jualkan saat ini sudah saya sesuaikan resep nya yang menurut saya akan disukai market”, tambahnya

Bakery andalan dari Journeé Cakery ini adalah bolu jadoel dan donat, dua produk itu yang menjadi signature toko kami. Karena banyak anak anak dan orang tua yang suka pesan bukan hanya untuk hari spesial saja tetapi juga untuk cemilan

Selain bahan bahan yang kami dapatkan dari lokal ada juga yang didatangkan dari import, seperti butter, coklat, dan beberapa jenis tepung.

Untuk range harga Cake yang dijual Journeé Cakery dimulai start dari 55 ribu untuk mini chiffon. Kalau untuk custom cake, price range mulai dari 450 ribu.

” Untuk custom bisa berbentuk apa saja tapi hanya dengan design dari buttercream, kita menggunakan term “simple design” . Apabila customer ingin memesan cake base ny dari fondant, akan kami lihat terlebih dahulu referensi kue yang mereka mau seperti apa dan akan kami sesuaikan. Tapi dengan catatan dari awal, kami bukan fondant figurine spesialis dan akan kami buat yang sesuai kami diskusi secara bersama”, jelasnya kembali.

Yang membedakan produk dari toko pesaing dengan journeecakery Menurut saya pribadi, “jaman sekarang kan banyak banget ya rasa kue kue terbaru dan juga design design yang unik dan cantik. Tetapi, itu semua hanya menjadi trend saja. Seperti fashion, kue pun juga ada classic dan traditional, dan itu yang ingin saya tonjolkan ketika saya membuat Journeé Cakery”, kata Elvira lagi.

Elvira juga memperkenalkan produk terbarunya Choco Chip Cookies dan Donut Tower. Journee Cakery mulai fokus untuk membuat hampers untuk beberapa acara dan juga hari raya seperti natal, imlek, lebaran, dan hari-hari besar lainnya.

Bagi custumer tidak perlu diragukan lagi dengan rasa ataupun keoriginalan cake produk toko Journee Cakery, karena publik figure terkenal juga banyak yang sudah menjadi pelanggan Journee Cakery.

“Artis seperti Prilly Latuconsina, karena fansclubnya Prilly pernah beberapa kali meminta kami untuk menjadi salah satu sponsor di event mereka. Kalau artis pertama kali dulu adalah Nia Ramadhanin pernah memesan untuk ulang tahun anak perempuanya Mikayla”, pungkas Elvira.

Kedepannya Elvira berharap agar banyak orang tau produk Journeé Cakery dan juga bisa dicicipi oleh seluruh kalangan. “Ingin lebih besar lagi dari sekarang pastinya dan juga memiliki banyak pelanggan yang tidak hanya dari Jabodetabek saja tapi juga dari seluruh Indonesia”, tutupnya.(***)