Capacity Building untuk Personel Pusdiklat Tekfunghan

Nasional255 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan diklat di tahun 2023, Pusdiklat Tekfunghan melaksanakan pelatihan _Capacity Building_ untuk seluruh personel Pusdiklat Tekfunghan. Kegiatan yang dibuka oleh Kapusdiklat Tekfunghan Dra. Endang Purwaningsih, M.Si. ini menghadirkan narasumber/motivator Ibu Ni Ketut Sri Sumahardani, SE., MM. dari Sri Sumahardani Academy Bali dengan mengangkat tema *“Bersama Menjadi Luar Biasa”*. Pelatihan sekaligus sharing motivasi yang berlangsung selama 3 jam ini disambut antusias oleh seluruh personel Pusdiklat Tekfunghan yang berjumlah 70 orang.

Kegiatan ini sengaja diselenggarakan di awal tahun untuk membangun motivasi dan semangat kerja seluruh personel Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan guna memberikan _service excelence_ kepada _customer_ yaitu Peserta Diklat dan Kementerian/Lembaga yang bekerjasama dengan Pusdiklat Tekfunghan.

Setidaknya peserta mendapatkan ilmu tentang _key success factor_ dalam memberikan pelayanan kepada customers, baik customer internal maupun customer eksternal. Untuk memperbaiki layanan kepada customer eksternal, harus dimulai dengan memperbaiki hubungan/layanan kepada customer internal. Dan, dalam memberikan layanan berlaku mirror effect, karena pada dasarnya orang cenderung berperilaku sama dengan apa yang kita lakukan.

Dalam kegiatan sharing session ini personel Pusdiklat Tekfunghan juga diberikan pembekalan tentang filosofi pelayanan yaitu *Melayani dengan Sepenuh Hati*. Hal ini disebabkan karena kita etalase layanan bagi instansi, kita Melayani Tuhan melalui manusia dan adanya Hukum kekakalan kebaikan. Oleh karena itulah, dalam pelatihan ini juga diajarkan bagaimana teknik melayani dengan sepenuh hati.

Disamping materi pelayanan, peserta juga dibekali tentang bagaimana membangun team work yang solid, communication in service, gesture, active listening dan bagaimana membangun komunikasi.

Pada akhirnya, pemenang dalam pelayanan adalah sikap perilaku menyenangkan, bekerja sepenuh hati. Customer oriented, dan humanis the customer.

Akhirnya, mengakhiri pelatihan ini nara sumber membagi qoutes nya yaitu:

“Layanan terbaik, pribadi terbaik. Senyum terbaik & komunikasi terbaik, maka percayalah, rejeki terbaik akan selalu diberikan oleh NYA. .

Pelatihan capacity building akan membentuk suatu pribadi yang memiliki skill melayani mencakup communication skill, presentation skill, interpersonal skill, dan time management skill sehingga dapat meningkatkan value Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan sebagai lembaga Diklat yang luar biasa dalam melayani customernya.

Jadikan customer sebagai sahabat agar kita pada akhirnya akan menjadi pemenang di dunia service.(***)