Keduanya bekerja sama untuk mengatasi kesenjangan kesetaraan gender yang semakin meningkat pasca era Covid-19.
Bisnismetro.id, JAKARTA – Merek perawatan kulit dan kosmetik mewah Clé de Peau Beauté Global dan UNICEF telah mengumumkan kesinambungan kemitraan mereka selama tiga tahun yang didedikasikan untuk mengatasi ketidaksetaraan gender dengan fokus pada pendidikan, ketenagakerjaan, dan pemberdayaan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM: Science, Technology, Engineering and Math), program untuk anak perempuan.
Keduanya telah bekerja sama sejak tahun 2019, kemitraan ini mendukung upaya UNICEF untuk mengatasi akar penyebab ketidaksetaraan gender, perluasan ini bertujuan untuk menjangkau 5,7 juta lebih anak perempuan selama tiga tahun ke depan, menyediakan alat dan sumber daya yang mereka perlukan untuk mengembangkan keterampilan dan memenuhi kebutuhan dan potensi mereka. Angka ini mewakili hampir setengah dari keseluruhan tujuan UNICEF untuk membantu membuka potensi 11.5 juta anak perempuan melalui program Skills4Girls di lebih dari 30 negara pada tahun 2025.
Kemajuan di bidang ini menjadi lebih penting dari sebelumnya ketika dunia memasuki era pasca-Covid-19, dimana terjadi peningkatan yang tidak proporsional yang menyebabkan sejumlah perempuan muda dirugikan dan tertinggal dalam bidang-bidang penting ini.
Untuk mendanai program ini, Clé de Peau Beauté Global telah menjanjikan US$8,7 juta untuk mendanai Program Kesetaraan Gender yang telah diupayakan oleh UNICEF Global, yang merupakan kontribusi sektor swasta terbesar di dunia pada bidang ini, khususnya pada program Skills4Girls, program ini juga mengembangkan keterampilan anak perempuan di berbagai bidang seperti STEM, teknologi digital, dan sosial kewirausahaan selain keterampilan hidup seperti pemecahan masalah, negosiasi, harga diri, dan komunikasi. Hal ini juga membantu menciptakan akses yang lebih adil terhadap peluang STEM dan meningkatkan representasi dan kepemimpinan perempuan dalam pendidikan STEM.
Hingga saat ini, kemitraan Clé de Peau Beauté dan UNICEF telah memberikan manfaat bagi lebih dari 3,5 juta anak perempuan. Program-program penting tersebut berupaya untuk mengatasi tantangan unik yang dihadapi setiap wilayah, termasuk tantangan yang responsif terhadap gender dan kurikulum serta pelatihan berbasis keterampilan seperti Program Pembelajaran Alternatif di Bangladesh; memajukan pendidikan STEM dan membantu memfasilitasi penempatan di universitas melalui Program STEM4Girls di Kyrgyzstan; dan pengajaran dan bimbingan kejuruan untuk membuat generasi muda lebih kompetitif di dunia kerja melalui Program UPSHIFT di Niger; di antara banyak lainnya.
“Kami Clé de Peau Beauté percaya bahwa kunci untuk menuju dunia yang lebih baik terletak pada membuka potensi anak perempuan melalui Pendidikan. Keyakinan ini juga menjadi alasan dan landasan komitmen filantropi jangka panjang kami untuk terus bermitra dengan UNICEF,” kata Mizuki Hashimoto, Chief Brand Officer Clé de Peau Beaute. “Dengan melanjutkan pekerjaan penting ini selama tiga tahun ke depan, kami bertujuan untuk terus mendorong perubahan ke hal-hal yang positif dengan memberdayakan anak perempuan. Kita masing-masing mempunyai peran untuk mewujudkan visi bersama ini, dan dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik.”
Kesinambungan kemitraan Clé de Peau Beauté untuk mendanai UNICEF dilakukan melalui kampanye pemasaran merek tersebut, yang menghasilkan US$3 dari setiap pembelian produk The Serum, salah satu produk terbaik dari merek tersebut.
Penjualan produk tersebut, akan disumbangkan untuk mendukung program UNICEF. Dana ini akan terus mengubah hidup pekerja di Bangladesh, Kyrgyzstan, Tiongkok, Niger, Peru dan Vietnam, dan akan melakukan perluasan program serupa yang juga sukses di Indonesia, semuanya berupaya untuk mengatasi kesenjangan kesetaraan gender yang berkepanjangan dalam pendidikan STEM di pasca pandemi Covid-19.
#KeyToABetterWorld dengan membuka kekuatan anak perempuan melalui Pendidikan, Ketenagakerjaan, dan Pemberdayaan.
“Di seluruh dunia, 1 dari 4 anak perempuan berusia 15-19 tahun tidak mendapatkan pendidikan, pelatihan atau pekerjaan dibandingkan dengan anak perempuan berusia kurang dari 15 tahun, dan 1 dari 10 anak laki-laki pada usia yang sama. Investasi dalam pendidikan dan pengembangan mereka tidak pernah sebesar dan sepenting ini, karena mereka adalah pemimpin masa depan. Tantangan global memerlukan solusi dan kemitraan global adalah penting untuk membantu menciptakan perubahan. Kami senang sudah bermitra dengan Clé de Peau Beauté selama tiga tahun dan meneruskan kembali untuk tetap mendukung generasi perempuan berikutnya dan memberikan peluang untuk mendapatkan pendidikan dan pembelajaran, untuk membantu membangun keterampilan mereka dan mendukung mereka dengan pelatihan dan peluang kerja.” Carla Haddad Mardini, Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan Sektor Swasta UNICEF.
Bersama-sama, Clé de Peau Beauté dan UNICEF berkomitmen untuk membantu menjembatani kesenjangan kesetaraan gender dan memberikan pendidikan, pekerjaan, dan pemberdayaan STEM kepada anak perempuan dan komunitasnya untuk mendapatkan peluang yang mereka butuhkan agar tercipta masa depan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan dunia secara keseluruhan di abad ke-21.
Produk The Serum tersedia di toko offline dan online. Dari 1 Januari hingga 31 Desember 2023, untuk setiap pembelian The Serum, Clé de Peau Beauté akan mendonasikan jumlah tertentu kepada UNICEF. UNICEF tidak mendukung perusahaan, merek, produk, atau layanan apa pun.(***)