Dandim 0502/Jakarta Utara Berikan Kuliah Umum Kebangsaan Mahasiswa Akper Husada Karya Jaya

Berita Utama267 Dilihat

Jakarta Utara – Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, menjadi pemateri dalam Kuliah Umum Kebangsaan dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB ) Akper Husada Karya Jaya tahun akademik 2022/2023.

Acara yang mengusung tema ” Implementasi Nilai Pancasila dan Semangat Kebangsaan” berlangsung di lantai 3 ruang auditorium UTA 45 Jl. Sunter Permai Kel. Sunter Agung Kec Tg Priok Jakarta Utara, Senin (5/9/2022).

Dihadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi Dandim memaparkan materi tentang prinsip dasar Wawasan Kebangsaan guna menangkal terorisme dan radikalisme .

“Kita mengajak para mahasiswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan, Pancasila sebagai Ideologi sudah final dan harus dipertahankan,” ujar Dandim.

Lanjut Frega, para generasi muda bangsa ini harus memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Dengan adanya akses tidak terbatas dari media sosial atau dunia maya tentunya sangat memengaruhi cara berpikir seseorang dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya, sehingga percaya dengan konten yang direkonstruksi oleh kelompok teroris maupun kelompok radikal intoleran yang menginginkan suatu negara tidak pernah aman,” imbuhnya.

Disintegrasi bangsa mengancam karena sifat egosentris yang tidak seharusnya berkembang di masyarakat. ” Ingat Negara Republik Indonesia memiliki keragaman budaya dan suku, pluralisme adalah nafas kehidupan yang telah mendarah daging, jangan karena ego sektoral nafas kita terkoyak “, jelas Dandim.

“Implementasi Nilai Pancasila dan Semangat Kebangsaan guna mewujudkan Jati Diri Pemuda Dalam Peradaban Bangsa Indonesia Berlandaskan Nilai – Nilai Pancasila dan Semangat Nasionalisme” inilah slogan yang ingin saya tanamkan pada kesempatan ini, ujar Dandim.

Di akhir sesi paparan Dandim mengajak para mahasiswa untuk selalu berpikir positif, melakukan hal yang positif dan produktif, berpikir kritis namun tidak mudah terprovokasi. Mahasiswa adalah insan yang berpendidikan dan berintegritas jangan mudah terhasut dengan berita hoax dan perpecahan.

Hadir dalam kegiatan ini Bpk Rudyono Darsono Ketua YPT.17 Agustus 1945 Jakarta, Brian Matthew Ketua Yayasan Kampus Husada Karya Jaya , Risky selaku Kepala Kemahasiswaan Kampus Akper Husada Karya Jaya.

Para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti materi, terlihat beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan dan kemudian dijawab dengan jelas oleh Dandim.

Sumber Pendim 0502/JU