Dimana Papan Proyek Turap Kali di Bukit Nusa Indah Serua Tangsel, Pengawas Bungkam

Megapolitan187 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Proyek pembangunan turap Kali di Jalan Dahlia Perumahan Bukit Nusa Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), mulai dikerjakan. Namun di lokasi tak terpasang papan plang informasi proyek.

Pantauan di lokasi, Rabu (05/07/23) sore, sejumlah pekerja terlihat sibuk beraktivitas di dasar kali. Sedang sebagian mereka berada di permukaan turap. Beberapa pengawas dari jasa konsultan juga berada di lokasi.

“Iya kita dari jasa konsultan proyek ini,” tutur salah satu pria yang mengaku sebagai konsultan pengawas proyek di lokasi.

Kehadiran konsultan pengawas di lokasi rupanya tak beri pengaruh bagi berjalannya standar operasi pengerjaan proyek. Saat ditanyakan plang informasi yang tak terpasang, konsultan pengawas justru terlihat bingung.

“Coba nanti ditanyakan langsung ke kontraktornya,” terang pengawas itu sambil bergegas pergi.

Seunit alat berat excavator terparkir di sisi turap. Di sepanjang tepian aliran Kali Cibenda itu nampak berjejer tumpukan rangka besi yang telah usang berkarat. Tak hanya itu, tumpukan batang bambu juga digeletakkan memenuhi tepian turap.

Tak ada rambu-rambu proyek yang terpasang di sepanjang jalan pembangunan turap itu. Padahal gundukan material tanah dan bebatuan di sisi proyek bisa saja membahayakan pengguna jalan maupun warga sekitar.

Informasi yang dihimpun dari Layanan Pengadaan Secara elektronik (LPSE) Kota Tangsel, Pembangunan turap Kali Cibenda menggunakan dana APBD 2023 sebesar Rp24,4 miliar. Satuan kerjanya adalah Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK).

Tender itu berjudul ‘Pembangunan Turap Kali Cibenda Segmen Bukit Nusa Indah – Roswood – Pamulang Asri – Puri Bintaro Indah’ Proyeknya dimenangkan oleh PT Jasa Konstruksi Internusa yang beralamat di Jalan Sula Blok MD/11 Sektor XIV-6 RT09 RW08, Rawa Mekar, Serpong.(bli/sg)