Dito Ariotedjo, Calon Menpora yang akan Dilantik Jokowi Sore Ini

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dito Ariotedjo dikabarkan akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Kabarnya, Dito sore hari ini akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lalu, siapa sosok Dito Aritedjo? Melansir dari beberapa sumber, Dito merupakan pria berumur 32 tahun yang lahir pada 29 September 1990. Saat ini diketahui Dito menjadi salah satu dari tim ahli Menteri koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto. Dia merupakan kader Partai Golongan Karya (Golkar) dan pada tahun 2016-2021, pernah menjabat menjadi ketua umum dewan pimpinana pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dito juga diketahui merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo yang merupakan eks Direktur Utama Antam yang lengser pada tahun 2019. BACA JUGA Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Minggu Depan, Ada Reshuffle Kabinet? Jokowi Sudah Terima Sejumlah Nama Calon Menpora: Kriterianya Harus Muda Untuk pendidikan, Dito merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Untuk bidang olahraga, Dito merupakan bagian dari tim olahraga Rans Sport. Bersama dengan Raffi Ahmad dan Rudy Salim, dirinya mengembangkan Rans Sport hingga saat ini.

Sebelumnya dikabarkan, Jokowi bakal melantik Menpora pengganti Zainudin Amali dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada hari ini, Senin (3/4/2023). Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan pelantikan akan dilakukan pada sore ini di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

“Nama-namanya kami belum dapat informasi, tetapi akan dilantik sore nanti,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Senin (3/4/2023). Menurut informasi yang diterima Bisnis, sosok yang akan dilantik oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut adalah Dito Ariotedjo sebagai menpora dan Komjen Polisi Rycko Amelza Daniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).(***)