Dua Kapal Perang TNI AL Di Sambut Hangat Di Cebu Filipina 

TNI Polri112 Dilihat

Bisnismetro.id, FILIPINA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan dua kapal perang yaitu KRI Sampari-628 (KRI SPR-628) dan KRI HIU-634 yang tergabung dalam Satuan Tugas (satgas) Latihan Bersama (Latma) Maritime Training Activity (MTA) Philindo Tahun 2023. Setelah berlayar selama tiga hari sejak bertolak dari dermaga Mamburungan-Tarakan, Satgas Latma MTA Philindo 2023 akhirnya tiba di Cebu, Filipina, Minggu (24/09).

Kedatangan dua kapal perang TNI AL tersebut disambut hangat dan dikawal oleh unsur Philippines Navy yaitu BRP Tinangag (PG903) & Sea Riders dari Naval Special Operations Unit (NAVSOU).

Kolonel Laut (P) Didik Kusyanto selaku Dansatgas beserta Komandan KRI SPR-628 Letkol Laut (P) Bekti Setiarso dan Komandan KRI HIU-634 Mayor Laut (P) Agung Susetio disambut baik oleh Angkatan Laut Filipina yaitu Navy Captain Raul A Regis (PN) Deputy CDR NFC dan CDR NTF50, serta Athan Manila Kolonel Laut (T) Bambang Wijanarko di Dermaga Captain Veloso Pier, Naval Base Rafael Ramos, Cebu, Filipina.

Dalam kesempatan tersebut Dansatgas mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas ucapan selamat datang dan sambutan baik dari pihak Philippines Navy maupun Athan Manila.

Seperti diketahui, pelaksanaan Latma MTA Philindo-23 ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit TNI AL dan Philippine Navy, dalam bidang kerjasama, kesepahaman dan hubungan militer antara kedua negara dalam bidang latihan Naval Warfare dan Maritime Interdiction Operations (MIO).

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan dan menjaga nama baik TNI AL dan Bangsa Indonesia, dalam hal ini keterlibatan TNI AL dalam ajang internasional yaitu Latihan Bersama Maritime Training Activity Philindo Tahun 2023. (***)